Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalWaspada Gelombang Tinggi Mencapai 4 Meter di Pesisir Pandeglang Hingga Tanjung Lesung

Waspada Gelombang Tinggi Mencapai 4 Meter di Pesisir Pandeglang Hingga Tanjung Lesung

Bogordaily.net – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi peringatan dini terjadinya gelombang tinggi mencapai 4 meter di pesisir Pantai , .

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Serang, Tarjono menyatakan potensi gelombang tinggi di wilayah tersebut yang terjadi sekitar 2,5 hingga 4 meter sepanjang 17-19 Mei.

“Dalam kategori tinggi terutama yang di selatan . Mulai dari Carita hingga (Selat Sunda bagian Selatan),” kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Serang, Tarjono, Senin, 16 Mei 2022.

“Peringatan dini gelombang tinggi berlaku tanggal 17 Mei pukul 07.00 WIB-19 Mei 2022 pukul 07.00 WIB,” tambahnya.

Tarjono mengatakan potensi dini gelombang tinggi sebagai peringatan untuk diantisipasi.

Dirinya mengatakan bahwa BMKG sudah mengeluarkan prediksi banjir di pesisir sejak 14 Mei lalu berkenaan dengan fase bulan purnama.

“Jadi, yang perlu diwaspadai adalah tiga hari sebelum dan sesudah fase bulan purnama. Jadi, fase itulah berpotensi adanya pasang surut air laut bahkan potensi banjir pesisir atau banjir rob,” ucapnya.

Dia berharap warga di wilayah tersebut untuk selalu waspada terhadap gelombang tinggi yang berpotensi terjadi.

“Jadi, yang perlu diwaspadai adalah tiga hari sebelum dan sesudah fase bulan purnama. Jadi, fase itulah berpotensi adanya pasang surut air laut bahkan potensi banjir pesisir atau banjir rob,” ucapnya.***

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here