Penyebab Koper Hilang di Bandara

Menu

Mode Gelap
Diduga Ruko di Desa Rancabungur Jadi Sarang Penjualan Obat Terlarang Muncul Lagi di Wuhan, China Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Banyak Masalah, Kemensos RI Cabut Izin ACT! Cek Lokasi Perpanjangan SIM Kota Bogor, Rabu 6 Juli 2022 Mau Kuliah Gratis di STAI Al-Hidayah? Cek Persyaratannya!

Wisata · 17 Mei 2022 14:23 WIB

Wisatawan Wajib Tahu, Ini Penyebab Koper Hilang di Bandara


 Ilustrasi koper. (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net)
Perbesar

Ilustrasi koper. (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Sebagian wisatawan merasakan koper hilang di bandara saat perjalanan liburan. Hal ini tentunya akan menganggu suasana liburan. Nah, dilansir dari Okezone.com, berikut penyebab koper hilang di bandara.

Check-in terburu-buru

Penyebab pertama kemungkinan check-in yang terburu-buru. Oleh karena itu taati peraturan batas maksimal check-in dari maskapai yang ditumpangi. Selain mengamankan “absen” sebagai penumpang, check-in lebih awal juga membuat tugas petugas maskapai dan bagasi yang mendata barang bawaan penumpang jadi lebih mudah. Tak hanya itu check-in lebih awal juga memberi sedikit kelonggaran aturan berat barang bawaan yang bakal dimasukkan ke bagasi, karena belum ada penumpukan barang milik penumpang lain.

Jadwal penerbangan berubah

Banyak faktor yang menyebabkan jadwal penerbangan berubah, mulai dari kondisi cuaca yang tidak bersahabat sampai masalah teknis pesawat. Biasanya situasi ini membuat penumpang panik lalu lupa dengan barang bawaannya. Hal yang harus diingat, usahakan tetap fokus untuk menjaga barang bawaan apapun yang terjadi. Maksimal, bawa satu koper, satu tas tangan, dan satu tas punggung. Kalau lebih dari itu, siap-siap saja lupa meletakkannya.

Berat berlebih

Pastikan ukuran dan berat barang bawaan yang bakal di bawa dalam penerbangan sesuai dengan aturan maskapai. Sebab ukuran dan berat barang bawaan yang berlebihan bisa mendatangkan masalah, salah satunya tak diikutsertakan dalam penerbangan yang ditumpangi.

Tertukar

Semakin banyak koper atau tas bepergian yang berdesain minimalis. Untuk menghindari tertukar, sebaiknya memberi tanda khusus pada barang yang dibawa.

Terlalu banyak stiker

Dalam setiap penerbangan, koper atau tas yang dibawa pasti diberi stiker penanda rute. Jadi sebaiknya segera copot stiker yang sudah kadaluwarsa, untuk memudahkan petugas bandara mendapat informasi tentang barang yang dibawa.

Lupa mengambil koper

Penerbangan tentu membuat lelah, terlebih jarak jauh yang membutuhkan transit. Sebelum transit, biasanya petugas maskapai akan memberikan informasi mengenai pengambilan barang bawaan yang masuk bagasi pesawat. Perhatikan dengan cermat arahan mereka, karena terkadang ada penerbangan transit yang tak menyediakan layanan transfer bagasi.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Suka Mendaki? Simak 6 Fakta Menarik Gunung Arjuno

6 Juli 2022 - 18:42 WIB

Fakta Gunung Arjuno

Tempat Wisata di Bogor Paling Ikonik, Instagramable dan Eksotis

6 Juli 2022 - 11:00 WIB

Wacana Tiket TN Komodo Jadi Rp 3,75 Juta, Ini Kata Sandiaga Uno

6 Juli 2022 - 08:57 WIB

TN Komodo

Liburan di Puncak Windusari Kulon Progo, Desa Wisata Terbaik di Indonesia

5 Juli 2022 - 19:39 WIB

Deretan Wisata Alam di Taiwan dari Gunung hingga Pantai

5 Juli 2022 - 19:27 WIB

Sandiaga Uno, Tiket Terusan Bagi Wisatawan Taman Nasional Komodo Sebesar Rp3.750.000

5 Juli 2022 - 19:15 WIB

Trending di Wisata