Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaYuk, Ketahui Cara Mengatasi Kelopak Mata Gatal

Yuk, Ketahui Cara Mengatasi Kelopak Mata Gatal

Bogordaily.net– Merasakan gatal di kelopak membuat seseorang tidak nyaman. Bisa jadi, kelopak gatal merupakan tanda adanya masalah kesehatan. Kelopak yang gatal tentu terjadi adanya partikel asing yang masuk di . Meski sifatnya sementara, biasanya akan hilang dengan hanya mengedipkan atau mencuci . Berikut ini cara yang efektif untuk mengatasi kelopak yang gatal yang dilansir Suara.com dari HealthShots.

Gunakan Obat Tetes

Obat tetes menjadi salah satu cara yang efektif untuk menyembuhkan iritasi kelopak . Namun, jika gejala ini berlangsung lama dan sulit sembuh, hubungi dokter mata terdekat Anda.

Gunakan Kompres Hangat

Untuk meredakan iritasi kelopak mata yang berhubungan dengan bintitan atau kelenjar tersumbat, Anda bisa gunakan kompres hangat untuk meningkatkan sirkulasi. Cara mudahnya, Anda bisa rendam kain bersih ke dalam air hangat, lalu mengoleskannya pada bagian mata Anda. Tahan selama sepuluh menit, dan lakukan terapi ini sekali atau dua kali sehari.

Gunakan Kompres Dingin

Dalam kasus alergi, gatal di mata biasanya akan semakin parah jika tidak diatasi. Untuk menghindari efek permanen pada kornea, jangan menggosok mata. Berikan kompres air dingin dengan kain bersih, lalu oleskan di bagian mata Anda.

Konsumsi Makanan yang Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat seperti vitamin A, C, E, dan asam lemak omega-3, dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Tentunya, Anda bisa konsumsi makanan sehat seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang tanah, hingga ikan.

Hindari Potensi Iritasi

Lensa kontak dan riasan mata bisa menjadi sumber peradangan kelopak mata. Karena itu, penting untuk menghindari zat yang bisa menyebabkan sumber iritasi kelopak mata. Selain itu, penting untuk menjaga lingkungan agar lembab, dan menghindari paparan sinar matahari yang tinggi dalam jangka waktu yang lama.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here