Wednesday, 1 May 2024
HomeBerita11 Orang Tewas dalam Ledakan Ranjau Darat di Suriah

11 Orang Tewas dalam Ledakan Ranjau Darat di Suriah

Bogordaily.net– ranjau darat terjadi di Kota Daraa, , pada hari ini, Sabtu 11 Juni 2022 waktu setempat. Dilaporkan sebelas orang tewas akibat tersebut.

“Sebelas orang, termasuk lima anak di bawah 16 tahun dan tiga perempuan, tewas dan sekitar 34 orang lainnya terluka,” demikian laporan lembaga pemantau Syrian Observatory for Human Rights yang dikutip dari CNN Indonesia via AFP.

Tak hanya itu, lembaga tersebut mengabarkan dari puluhan orang yang terluka, sebagian di antaranya dalam kondisi kritis

Kantor berita , SANA, melaporkan kebanyakan korban merupakan pekerja yang baru saja memanen gandum. Para pekerja itu menjadi korban ketika mobil yang mereka tumpangi melindas ranjau darat di kota di selatan tersebut.

Sementara itu dengan insiden ini, total 124 orang di tewas sepanjang 2022 akibat ledakan ranjau darat yang tersisa usai konflik berkepanjangan.

Hingga kini, ranjau-ranjau darat diyakini masih tersebar di berbagai tempat di , seperti ruas-ruas jalan hingga bangunan-bangunan. Sisa ranjau itu sudah melukai ribuan dan menewaskan ratusan warga tak bersalah.

Sekitar setengah populasi kini diperkirakan hidup di daerah-daerah yang masih terkontaminasi bahan-bahan peledak.

Pada 2020 lalu, menyalip posisi Afghanistan sebagai negara dengan korban terbanyak akibat ranjau darat bekas perang.

Berdasarkan data Landmine Monitor di tahun itu, setidaknya 2.729 orang di tewas akibat sisa ranjau darat. Setahun kemudian, Observatory mencatat 241 warga sipil lainnya tewas akibat sisa ranjau darat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here