Saturday, 20 April 2024
HomeBerita150 Kasus Kesehatan Jemaah Haji Indonesia Masuk Kategori Gawat Darurat

150 Kasus Kesehatan Jemaah Haji Indonesia Masuk Kategori Gawat Darurat

Bogordaily.net – Koordinator Emergency Medical Team (EMT) dr. Erwinsyah Patta Parang menyampaikan dari ribuan kasus dan masalah kesehatan yang dialami para jemaah Indonesia, lebih dari 150 di antaranya adalah kasus gawat darurat alias emergency.

Untuk mencegah masalah kesehatan semakin banyak, deteksi dini sangat penting dilakukan. Beberapa masalah kesehatan Jemaah Indonesia yang paling sering ditemukan antara lain kelelahan, hipertensi, dan diabetes melitus.

“Edukasi kita lakukan, agar seandainya terjadi kekambuhan, mereka sudah tau apa yang harus dilakukan, contohnya memeriksakan kesehatan teratur, minum obat teratur, patuhi anjuran dokter,” ujar Erick, sapaan akrab Erwinsyah seperti dikutip dari Suara.com.

Materi edukasi yang disampaikan oleh tim EMT sejalan dengan materi yang disampaikan oleh tim promosi kesehatan. Di antaranya adalah edukasi penggunaan APD, menaati protokol kesehatan, PHBS, dan tips bagaimana mencegah kekambuhan penyakit bawaan.

Sementara untuk penanganan kasus emergency yang paling sering dilakukan di antaranya adalah kasus kaki melepuh, jantung, PPOK, dan asma.

dr. Erick mengingatkan semua petugas kesehatan, khususnya para petugas kesehatan (TKH) kloter untuk memperketat pengawasan terutama kepada para jemaah risiko tinggi.

“Jadi memang perlu betul betul aware semua TKH kloter, tim EMT di lapangan, harus aware pengawasan terhadap 30 jemaah risiko tinggi memang harus dilaksanakan. Karena kalau telat penanganan bisa terjadi kematian,” jelasnya.

dr. Erick juga mengingatkan pada jemaah , terutama jemaah dengan faktor risiko, untuk dapat mematuhi tips berhaji sehat bagi jemaah dengan penyakit bawaan. “Kalau dipatuhi itu, insya Allah bisa lancar dan sehat ibadahnya,” tutupnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here