Wednesday, 24 April 2024
HomeBerita3 Bahaya Makan Daging Mentah yang Harus Diketahui!

3 Bahaya Makan Daging Mentah yang Harus Diketahui!

Bogordaily.net ada banyak jenisnya, mulai dari sapi, unggas, dan juga hewan laut (seafood) mengandung protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, pernahkah kamu mencoba mengkonsumsi mentah?

Makan yang belum dimasak sering diolah menjadi beraneka ragam hidangan. Tapi, kamu harus waspada! Kamu harus memperhatikan tingkat kematangan sebelum mengkonsumsinya.

Bukannya dapat manfaatnya, malah nantinya akan membahayakan tubuh. Nah, berikut ini ada sejumlah bahaya dari konsumsi belum masak, yang dirangkum dari laman Alodokter.com :

1. Infeksi cacing pita

Bahaya pertama dari konsumsi yang belum masak adalah infeksi cacing pita atau taeniasis. Bahkan, cacing pita biasa ditemukan pada sapi dan babi yang masih mentah atau setengah matang.

Ada banyak gejala yang bisa ditimbulkan seperti mual dan muntah, demam, sakit perut, menurunnya nafsu makan, hingga penurunan berat badan.

2. Infeksi Escherichiacoli

Kamu harus tahu, kalau yang masih mentah belum matang sepenuhnya dapat mengandung berbagai jenis bakteri, salah satunya Escherichia coli. Kamu pasti mendengar istilah infeksi E.coli, infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri tersebut.

Biasanya gejala yang ditimbulkan oleh infeksi bakteri ini adalah diare, mual, muntah, kram perut, dan BAB berdarah.

3. Salmonellosis

Ini merupakan penyakit pada sistem pencernaan dan disebabkan oleh bakteri salmonella. Bakteri ini bisa ditemukan pada daging belum matang, telur mentah, dan susu yang pebul dipasteurisasi.

Gejala yang ditimbulkan serupa dengan yang terjangkit infeksi E.coli.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here