Saturday, 18 May 2024
HomeNasionalSetelah Bogor, 42 Hewan Ternak Terjangkit PMK di Depok

Setelah Bogor, 42 Hewan Ternak Terjangkit PMK di Depok

Bogordaily.net – Kasus penyakit mulut dan kaki (PMK) pada hewan kembali ditemukan. 42 Hewan Ternak Terjangkit PMK di Depok. Sebelumnya sejumlah hewan ternak juga mengalami hal yang sama di Kabupaten Bogor.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Depok Widyawati Riyandani mengatakan temuan tersebut berada di tiga kecamatan, yaitu Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung; Kelurahan Cisalak, Sukmajaya; dan Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis.

“Selanjutnya terduga PMK berjumlah 42 ekor dan saat ini sedang dalam pengobatan dan menunggu hasil laboratorium,” papar Widyawati dalam keterangannya, Jumat 3 Juni 2022.

Sebelumnya, Hewan ternak terindikasi kena penyakit mulut dan kaki (PMK) telah ditemukan di Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Botabek).

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok menemukan 42 hewan ternak terindikasi mengalami gejala PMK. Pemilik ternak diminta memperhatikan kebersihan kandang.

Widya mengatakan saat ini ada tiga hewan ternak terindikasi PMK yang mati. Sedangkan 457 ekor hewan lainnya tengah dalam pengawasan DKP3.

“Status pengawasan tersebut merupakan jumlah ternak yang berada dalam lokasi yang sama dengan ternak terduga PMK,” ungkapnya.

Pemkot Depok mengingatkan pemilik ternak untuk memiliki lahan yang cukup sesuai dengan jumlah hewan untuk menekan penyebaran. Mereka diminta menyediakan fasilitas penampungan limbah.

“Tersedia fasilitas penampungan limbah. Limbah tidak boleh dikeluarkan dari tempat penjualan sebelum dilakukan disinfeksi atau pemusnahan,” tutur Widyawati.

“Tersedia fasilitas dan bahan untuk tindakan pembersihan dan disinfeksi terhadap orang, kendaraan, peralatan, hewan, serta limbah,” imbuhnya.

Hewan Kena PMK Ditemukan di Botabek

Sebelumnya, hewan ternak diduga terkena penyakit mulut-kaki (PMK) ditemukan di Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Botabek).

Sebanyak 14 ekor sapi di Pasar Hewan Jonggol terkena PMK. Pemkab Bogor pun menutup sementara pasar itu agar virus tidak menyebar.

Kasus PMK juga ditemukan di Kabupaten Tangerang. Sebanyak lima ekor sapi terkonfirmasi kena PMK. Pemkab Tangerang pun membatasi distribusi hewan ternak menjelang Idul Adha.

Selain itu, 36 hewan di Bekasi juga diduga terkena PMK. Pemkot Bekasi pun membentuk satgas untuk melakukan operasi dan memantau perkembangan yang ada.

sumber: detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here