Friday, 10 May 2024
HomeBerita5 Dampak Negatif Diet Keto yang Wajib Diketahui

5 Dampak Negatif Diet Keto yang Wajib Diketahui

Bogordaily.net keto kontroversial banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin mendapatkan berat badan ideal secara cepat. Padahal sejatinya, ini digunakan bagi pasien yang mengalami gejala epilepsi yang sulit ditangani dengan pengobatan.

Dikutip dari laman Alodokter, pada keto, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dikurangi dan konsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak ditingkatkan. Tujuan nya adalah agar tubuh mencapai ketosis.

Ketika tubuh mencapai ketosis, lemak akan dijadikan sebagai sumber energi utama, selain itu lemak juga diubah menjadi keton di hati agar dapat diubah menjadi asupan energi bagi otak dengan tujuan untuk memaksakan pembakaran lemak secara cepat sehingga berat badan akan turun, sedangkan pada kondisi normal, zat gizi karbohidrat lah yang akan diubah menjadi energi bukan lemak.

Nah, bagaimana dengan dampak negatif menggunakan keto untuk menurunkan berat badan?

Berikut 5 dampak negatif menggunakan keto :

1. Menyebabkan Flu Keto

Flu keto terjadi akibat jumlah asupan karbohidrat harian kurang dari 50 gram, sehingga ketika tubuh menghabiskan cadangan karbohidrat untuk diolah menjadi energi, maka lemak yang akan menggantikan peran karbohidrat tersebut.

Hal ini biasanya akan menimbulkan gejala sakit kepala, mual, pusing, kelelahan, sembelit, serta dehidrasi.

2. Memperberat Kerja Ginjal

Makanan hewani yang mengandung kadar lemak tinggi, seperti telur, daging, dan keju, adalah makanan pokok pada keto. Pola makan ini akan meningkatkan resiko penyakit batu ginjal, karena asupan makanan hewani yang tinggi lemak dapat menyebabkan darah serta urin menjadi lebih asam, sehingga mengakibatkan peningkatan ekskresi kalsium dalam urin.

Selain itu bagi orang dengan penyakit ginjal kronik yang menggunakan keto beresiko menyebabkan asidosis, sehingga memperparah kondisi penyakitnya.

3. Menyebabkan Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan yang terjadi pada orang yang melakukan keto adalah sembelit atau konstipasi, yang disebabkan oleh minim nya asupan serat dalam makanan, karena jenis makanan yang diutamakan dalam keto adalah tinggi lemak.

4. Kekurangan Zat Gizi

Pada ini juga bisa menimbulkan resiko kekurangan zat gizi, seperti vitamin D, kalium, magnesium, fosfor, vitamin B, bitamin C, dan Vitamin E. Hal itu disebabkan karena asupan makanan yang tidak seimbang.

5. Menyebabkan Hipoglikemia

Meskipun diet ini dapat mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2, akan tetapi pada orang dengan diabates tipe 1 serta orang non diabetes akan menyebabkan hipoglikemia atau gula darah rendah yang ditandai dengan kelelahan, perasaan kebingungan (linglung) hingga koma dan kematian apabila tidak ditangani secara langsung.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here