Monday, 6 May 2024
HomeKuliner5 Makanan Khas Manado, No 3 Paling Dicari

5 Makanan Khas Manado, No 3 Paling Dicari

Bogordaily.net kenikmatannya tak pernah hilang. Termasuk 5 Manado ini. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, kuliner Manadao sangat termahsyur di nusantara.

Jenisnya pun beragam, mulai dari makanan berkuah, kering, dari manis, gurih, sampai pedas, semua bisa kamu dapatkan di kota yang juga dikenal dengan nama Kota Tinutuan ini.

Jika kamu berkesempatan mengunjungi Manado, jangan lupa untuk menjelajahi kuliner di setiap sudut wilayahnya. Melansir suaracom berikut ini 5 Manado Paling Dicari :

1. Cakalang Fufu

Ikan cakalang merupakan salah satu jenis ikan yang paling mudah ditemukan di Manado, maka tidak heran jika berbagai daerah satu ini menggunakannya sebagai bahan dasar. Cakalang fufu sendiri diolah dengan cara mengasapi ikan cakalang yang sudah dibelah menjadi dua dengan lumuran bumbu.

Proses pengasapan ini membuat cakalang fufu dapat disimpan di suhu ruangan hingga satu bulan.

2. Tinutuan

Manado selanjutnya adalah tinutuan yang terbuat dari labu kuning dengan campuran sayur hijau dan bubur beras. Teksturnya yang lembut dan sedikit manis membuat makanan satu ini bisa dinikmati berbagai usia.

Jika Anda menginap di hotel, tinutuan biasa disajikan sebagai menu breakfast. Sementara itu, jika ingin mencarinya sendiri, cobalah untuk datang ke daerah Wakeke.

3. Ayam Woku Belanga

Dengan berbagai bahan rempah yang digunakan, ayam woku belanga memiliki cita rasa melimpah yang menggugah selera. Beberapa rempah yang sering digunakan adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, daun jeruk, hingga daun pandan.

Anda bisa menikmati ayam woku belanga versi kuah cair seperti sup dan kuah kental.

4. Pisang Goreng

Apa yang membedakan pisang goreng Manado dengan pisang goreng pada umumnya? Yup, keunikan tersebut ada pada sambal dabu-dabu yang digunakan untuk menyantapnya. Dua jenis pisang yang paling sering digunakan adalah pisang sepatu dan goroho yang belum terlalu matang.

Salah satu cara terbaik menyantap pisang goreng sambal adalah di sore hari sambil menikmati sunset di daerah Malalayang.

5. Gohu

Terbuat dari buah pepaya, gohu menjadi salah satu Manado yang tidak boleh dilewatkan. Gohu diolah dengan mencampurkan daging buah pepaya dengan cuka, cabai yang dihaluskan, gula aren, bakasang (fermentasi perut/telur ikan), jahe, dan air. Kombinasi rasa asam, manis, dan pedas menjadi salah satu ciri khas dari kuliner Manado satu ini. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here