Friday, 29 March 2024
HomeBerita5 Tips Perawatan Vagina untuk Cegah Bau dan Penyakit

5 Tips Perawatan Vagina untuk Cegah Bau dan Penyakit

Bogordaily.net– Perawatan untuk kaum penting dilakukan. Berbagai persoalan seperti bau , gatal, hingga infeksi penyakit membuat tentu kondisi tidak nyaman. Oleh karena itu agar terhindar dari bau dan penyakit lakukan  perawatan dan tak boleh sembarangan. Sebab salah perawatan, bisa menimbulkan masalah yang lebih serius pada organ intim Anda. Sebagaimana dilansir Suara.com dari Self berikut tips perawatan .

Hindari membersihkan dengan sabun

“Ada banyak kesalahpahaman tentang cara membersihkan alat kelamin seseorang,” kata Lauren Streicher, M.D., profesor asosiasi kebidanan dan ginekologi klinis di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern, Feinberg School of Medicine.

Kata dia, jangan menggunakan sabun khusus , sebab air dan mungkin sedikit sabun yang ringan sudah cukup untuk membersihkan Anda.

Namun sebenarnya, menurut para ahli, mampu membersihkan diri sendiri, kecuali ada suatu kondisi yang salah pada . Itu sebabnya, tidak perlu mencoba membantunya dengan produk apa pun, termasuk sabun yang sangat berpotensi mengubah pH vagina Anda dan menyebabkan iritasi dan infeksi.

Basuh dari arah depan ke belakang

Ada satu aturan yang harus Anda ikuti setiap kali habis buang air kecil, yaitu basuh vagina dari arah depan ke belakang. Menurut dr. Streicher, jika melakukannya dengan cara yang berlawanan, hal ini dapat memindahkan bakteri dari rektum ke uretra, yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

Pilih hanya celana dalam yang terbuat dari katun

Biasakan untuk memilih celana dalam yang terbuat dari katun, dan segera menggantinya setelah berolahraga. Bahan katun adalah yang terbaik karena memungkinkan lebih banyak udara untuk melewatinya. Demikian dikatakan Carrie Coleman, M.D., obgyn di Massachusetts General Hospital.

Hindari produk seperti petroleum jelly atau minyak untuk pelumas

Anda mungkin membutuhkan pelumas untuk pengalaman seks yang lebih menyenangkan. Namun, jangan sembarangan menggunakan pelumas, seperti petroleum jelly atau minyak. Gunakan pelumas yang memang dibuat khusus untuk seks, demikian dikatakan Dr. Streicher. Sembarangan menggunakan pelumas bisa mengganggu keseimbangan pH vagina Anda dan menyebabkan masalah kesehatan.

Tes infeksi menular seksual (IMS) secara teratur

Rekomendasi untuk seberapa sering Anda harus dites berbeda-beda berdasarkan pada jenis infeksi menular seksual (IMS) yang dipermasalahkan dan status kehidupan seks Anda. Apapun situasinya, penting untuk melakukan tes sesering yang disarankan oleh dokter berdasarkan faktor risiko Anda. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) IMS yang tidak diobati dapat menyebabkan penyakit radang panggul yang dapat menyebabkan nyeri panggul kronis dan mempengaruhi masalah kesuburan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here