Friday, 29 March 2024
HomeBerita6 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Komedo dengan Cepat

6 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Komedo dengan Cepat

Bogordaily.net – Komedo adalah bentuk jerawat yang paling umum muncul di sekitar hidung. Untuk menghilangkannya, cobalah 6 bahan alami ini untuk menghilangkan komedo membandal.

Komedo terbentuk saat pori-pori tersumbat dengan kombinasi sel kulit mati serta sebum atau minyak berlebih dari kelenjar Anda. Selain berwarna putih, ada pula yang berwarna gelap akibat terjadinya oksidasi.

Tak sedikit yang memilih cara menghilangkan komedo dengan pinset atau memencet untuk memaksanya keluar. Sayangnya ini termasuk berbahaya dan dapat menyebabkan jaringan parut, yang susah dihilangkan. Bahkan tak jarang menimbulkan bopeng.

Cara menghilangkan komedo menjadi langkah awal dalam mengecilkan pori-pori. Banyak wanita yang mengeluhkan pori-pori besar akan merusak penampilan dan mengganggu make up. Sebaiknya hilangkan dulu komedonya bila Anda hendak melakukan perawatan pengecilan pori-pori.

Berikut ini cara menghilangkan komedo di hidung dengan bahan alami cepat dan aman

1. Lemon

manfaat lemon

Bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan adalah lemon. Lemon merupakan astringent alami yang efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti komedo. Meski begitu, penggunaan bahan ini sebaiknya tidak sembarangan, karena lemon memiliki sifat pemutih yang bisa mencerahkan kulit sementara.

Alhasil, kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap cahaya sehingga penggunaan sunscreen setiap ke luar rumah sangat disarankan.

2. Lidah Buaya

manfaat lidah buaya
Lidah buaya.(Tribun/Bogordaily.net)

Lidah buaya sudah lama digunakan sebagai bahan alami untuk berbagai masalah kulit, termasuk menghilangkan komedo dan jerawat. Memang benar, dampaknya tidak akan langsung terasa, tetapi lidah buaya akan membantu membersihkan pori wajah, melembutkan kulit, dan mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

3. Madu

makanan bahaya dicampur madu
Madu Tidak Boleh Dicampur dengan Air Mendidih karena Akan Berakibat Buruk Bagi . (kompas/Bogordaily.net)

Cara menghilangkan komedo berikutnya yang bisa Anda coba adalah memakai madu. Menurut Healthline, madu mengandung berbagai bahan kimia yang bertindak sebagai antioksidan.

Beberapa jenis madu memiliki antioksidan sebanyak buah dan sayuran. Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas berkontribusi pada proses penuaan.

4. Putih Telur

 

Selain efektif dalam mengencangkan kulit, putih telur dinilai dapat membantu mengatasi komedo membandel.

Untuk membuat masker putih telur, kamu bisa mencampurkan tiga putih telur dengan 2 sendok makan air perasan lemon. Oleskan masker dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas.

5. Bubuk Kopi

Kopi bubuk dan air hangat juga bisa senjata Moms dalam cara menghilangkan komedo secara alami, loh. Buat campuran kopi ini menjadi pasta setelah itu langsung saja gosok di bagian wajah yang memiliki komedo.

Lakukan secara rutin minimal dua kali dalam seminggu untuk dapatkan hasil yang optimal.

6. Kunyit

Kunyit dapat digunakan untuk membantu cara menghilangkan komedo secara alami karena sifat antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi, ”kata Dr. Alexander Dane, Dermatologists & Dermatologic Surgeons, di Morristown, New Jersey

Untuk menggunakan ini, ambil satu sdm kunyit dan campur dengan air atau minyak kelapa hingga membentuk pasta, oleskan pasta tersebut ke wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here