Sunday, 28 April 2024
HomeBerita7 Obat Batuk Alami Ini Mampu Redakan Batuk Pada Anak

7 Obat Batuk Alami Ini Mampu Redakan Batuk Pada Anak

Bogordaily.net – Batuk dapat disebut sebagai penyakit sejuta umat. Hampir semua orang pernah mengalaminya, termasuk -. Selain obat di apotek, terdapat obat batuk alami untuk yang dapat membantu meredakannya.

Hal ini dapat membantu menjaga tenggorokan tetap bersih dari dahak dan iritasi lainnya. Kendati demikian, batuk yang terus-menerus juga harus diwaspadai karena bisa menjadi pertanda kondisi tertentu, seperti alergi, infeksi virus, atau infeksi bakteri.

Nah, jika Anda mencari obat batuk alami untuk -, berikut kami sampaikan daftarnya dan cara penggunaannnya. Daftar obat batuk alami untuk - bisa menjadi pertolongan pertama sebelum dibawa ke dokter.

Selain lebih aman dan menyehatkan, obat batuk alami untuk juga bisa dibuat di rumah dengan praktis.

Berikut adalah beberapa obat batuk alami untuk anak yang bisa Anda berikan:

1. Madu

Madu aman digunakan sebagai obat batuk anak alami. Bahan alami ini telah lama dipercaya untuk membantu mengatasi gangguan tenggorokan yang jadi penyebab batuk.

Saat anak berusia lebih dari 1 tahun, Anda dapat memberikan satu sampai satu setengah sendok teh madu untuk meringankan batuk yang membandel.

2. Lemon

Lemon dapat dicampurkan dengan madu sebagai obat batuk anak tradisional. Jika tidak ada madu, Anda bisa langsung memberikan irisan lemon untuk si kecil.

Namun, ada baiknya Anda mencampurkannya dengan air hangat agar tidak terlalu asam dan menghindari risiko iritasi lambung.

3. Air hangat

Air mungkin bukanlah obat batuk untuk anak-anak yang terlintas di benak Anda.
Namun, Anda tidak boleh meremehkannya karena air dapat mencegah dehidrasi dan membantu tubuh dalam melawan organisme yang memicu batuk.

Berikan si kecil banyak air saat batuk. Utamakan pemberian air hangat karena dapat membantu mengatasi dahak yang menghalangi pernapasannya.

4. Air Garam

Konon, garam menyerap cairan berlebih dari jaringan tenggorokan yang bengkak, sehingga banyak dipakai untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Air garam juga mengurangi dahak sehingga bisa mengurangi batuk.

Air garam cukup sering digunakan sebagai obat batuk alami untuk anak di Indonesia.

Aduk rata satu sendok teh garam dengan satu gelas air hangat, lalu minta anak berkumur di bagian belakang tenggorokan selama beberapa saat sebelum membuangnya.

5. Jahe

Jahe dipercaya sebagai obat batuk tradisional untuk anak. Untuk mengolahnya, Anda bisa menumbuk dan merebus jahe hingga air di panci tersisa setengah.

Setelah itu, campurkan lemon dan madu untuk mengurangi rasa pahit jahe. Anda juga bisa langsung memberikan potongan jahe jika si kecil menyukai rasanya.

6. Daun Saga

Daun saga banyak dipercaya sebagai obat batuk alami untuk anak. Ekspektoran ini dapat membantu mengeluarkan dahak dan melegakan tenggorokan.

Caranya, ambil satu genggam daun saga, cuci bersih, lalu rendam dalam air panas.

Setelah airnya menghangat, peras daunnya hingga mengeluarkan cairan hijau pekat. Minumlah sehari sekali sampai batuk reda.

7. Berjemur di pagi hari

Berjemur di bawah matahari pagi dapat membantu menghangatkan tubuh dan membantu membasmi berbagai bakteri sehingga tubuh anak menjadi lebih sehat.

Menghirup udara di pagi hari juga dianggap baik untuk saluran pernapasan.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here