Thursday, 18 April 2024
HomeBerita7 Penyebab Kepala Terasa Berat, No 5 Wajib Dihindari

7 Penyebab Kepala Terasa Berat, No 5 Wajib Dihindari

Bogordaily.net – Keluhan ini sering dikeluhkan. Kepala terasa berat. Penyebabnya kadang tak jelas, sering muncul tiba-tiba. Untuk menghindari hal ini terjadi pada Anda, ada baiknya mengetahui penyebab kepala terasa berat sehingga bisa terhindar dari penyakit ini.

Untuk mengatasinya, biasanya memilih langsung minum obat atau tidur. Sebenarnya apa penyebab kepala terasa berat? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Diketahui, kepala adalah bagian tubuh yang besar dan berat. Pada seorang anak, kepala dapat mencapai 1/4 dari tinggi badannya. Pada orang dewasa, berat kepala 10-14 pon dan beban ini harus diimbangi dengan kekuatan otot leher. Jika tidak seimbang, maka kepala akan terasa berat.

Kepala berat adalah jenis gangguan yang umum, dan Anda dapat mengalaminya sesekali atau kronis (lebih dari 15 hari per bulan). Kepala terasa berat ini adalah jenis gangguan primer yang tidak disebabkan oleh masalah medis atau neurologis yang serius.

Biasanya, kepala terasa berat didiagnosis berdasarkan gejala, tetapi Anda mungkin memerlukan beberapa tes diagnostik. Kepala terasa berat memang mengganggu, tetapi tidak berbahaya, dan biasanya ditangani dengan obat bebas di pasar dan dengan beristirahat.

Penyebab Kepala Terasa Berat

Ada sejumlah pemicu yang dapat meningkatkan kemungkinan Anda mengalami kepala terasa berat. Melansir dari sejumlah sumber, berikut ini penyebab kepala terasa berat secara umum yang perlu diketahui.

1. Kurang tidur

Bila Anda tidak tidur nyenyak atau jika Anda tidak cukup tidur, Anda bisa mengalami atau kepala terasa berat. Ini biasanya membaik setelah tidur restoratif yang baik.

2. Stres atau kecemasan

Mengalami rasa khawatir yang berlebihan, terlalu banyak berpikir, stres, cemas, dan konflik juga dapat memicu kepala terasa berat. Oleh karena itu, pastikan Anda menghindari hal-hal yang membuat stres atau cemas agar terhindar dari maupun kondisi kesehatan lainnya.

3. Kelaparan atau dehidrasi

Tahukah Anda bahwa kelaparan dan dehidrasi dapa menjadi pemicu kepala terasa berat? Pasalanya, ketika tubuh Anda kekurangan nutrisi dan cairan, itu bisa bermanifestasi sebagai .

4. Cacat penglihatan yang tidak dikoreksi

Mata yang tegang dapat menyebabkan . Jika Anda memakai lensa korektif, peningkatan bisa menjadi sinyal bahwa Anda memerlukan resep yang diperbarui karena perubahan penglihatan.

5. Pelepasan stres

Setelah waktu yang penuh tekanan, seperti belajar untuk ujian, bekerja keras dalam suatu proyek, atau menyelesaikan konflik. Anda dapat mengalami saat Anda bersantai dan melepaskan ketegangan yang terpendam.

5. Alkohol

Beberapa orang mengalami kepala berat karena minum alkohol. Umumnya ini tidak separah migrain atau mabuk.

6. Masalah gigi

Penyabab lainnya yakni menggertakkan gigi, gigi berlubang, dan perawatan gigi semuanya juga dapat memicu sakit kepala atau kepala terasa berat.

7. Iklim

Iklim atau cuaca juga bisa menjadi pemicu kepala jadi terasa berat. Anda mungkin mengalami sakit kepala saat merasa terlalu panas atau terlalu dingin. Ya, kelembaban dapat memicu sakit kepala juga.

Demikian penjelasan mengenai penyebab kepala terasa berat yang perlu diketahui. Meskipun kepala berat adalah hal yang umum dan biasanya dapat dikelola secara efektif, namun sebaiknya Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter atau penyedia layanan kesehatan. Ini dilakukan agar Anda dapat menerima diagnosis yang akurat dan perawatan yang aman. ***

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here