Friday, 17 May 2024
HomeBeritaAgar Berat Badan Tidak Naik Berlebihan Saat Hamil, Lakukan 5 Cara Ini

Agar Berat Badan Tidak Naik Berlebihan Saat Hamil, Lakukan 5 Cara Ini

Bogordaily.net– Pertambahan saat merupakan hal normal. Namun ibu penting untuk memastikan agar tidak menambah terlalu banyak. Salah satu caranya dengan memilih makanan sehat dan melakukan olahraga ringan secara teratur. Selengkapnya, berikut lima cara sederhana yang bisa dilakukan agar tidak naik drastis saat hamil, melansir Suara.com dari Bright Side.

Cukup minum

Minum cukup air sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat membantu menjaga tetap terkendali. Tetap terhidrasi sangat penting selama kehamilan, karena air membantu membentuk plasenta dan cairan ketuban.

Hindari pola pikir “makan untuk dua orang”

Saat hamil, Anda tidak makan untuk dua orang. Jadi, Anda tidak boleh menggandakan asupan kalori normal. Ibu hamil hanya membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori per hari mulai dari trimester kedua kehamilan.

Makan makanan utama saat siang hari

Kehamilan memang melelahkan, dan itu sebabnya terkadang ibu hamil kerap merasa lapar di malam hari. Namun, agar tidak menambah yang tidak perlu, lebih baik makan makanan terbesar Anda saat makan siang. Berpegang teguh pada makan siang yang sehat dan bergizi, serta makan malam yang ringan, dapat membantu Anda mengelola penambahan selama kehamilan.

Luangkan waktu untuk berolahraga

Sedang hamil tidak berarti Anda harus menghabiskan hari-hari dengan berbaring di sofa. Olahraga ringan dan teratur akan membantu Anda meningkatkan mood dan menjaga tetap terkendali. Beberapa olahraga berat tidak dianjurkan selama kehamilan, tetapi Anda dapat menikmati jalan kaki dan olahraga ringan lainnya.

Hindari minuman manis

Boleh saja menuruti ngidam makanan atau minuman manis. Tapi, jangan dilakukan terlalu sering. Minuman bersoda dan minuman manis lainnya rendah nutrisi dan tinggi kalori, dan jika Anda meminumnya terlalu sering, itu bisa menyebabkan kenaikan berlebih saat hamil.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here