Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorAksi Vandalisme Merajalela di TPE Surken, Dishub Buru Pelaku

Aksi Vandalisme Merajalela di TPE Surken, Dishub Buru Pelaku

Bogordaily.net atau TPE yang terletak di (Surken), Kecamatan Bogor Tengah, , Jawa Barat, penuh coretan yang diduga dilakukan oleh tangan orang-orang tak bertanggung jawab yang sengaja merusak fasilitas umum (fasum) milik Pemerintah .

Pantauan Bogordaily.net, di lokasi terlihat salah satu dari puluhan TPE yang ada di Jalan Surken, tepatnya depan toko Magic Elektrik penuh dengan coretan. Coretan tersebut menghiasi TPE mulai dari dasar yang menempel dengan jalan hingga ujung atas TPE berwarna merah.

Pun begitu di bagian samping kiri tombol pada TPE tersebut terlihat juga ada coretan , termasuk pada kertas yang tertempel di TPE ikut menjadi sasaran .

Dikonfirmasi, Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) , Dody Wahyudin, membenarkan TPE di Jalan Surken itu penuh coretan . Bahkan, kata dia, bukan hanya menyasar TPE saja tetapi fasos () dan fasum (fasilitas umum) yang lainnya juga menjadi sasaran vandalisme.

“Memang vandalisme itu bukan hanya menyasar ke terminal parking elektronik (TPE) kita, tapi fasos fasum kita yang lainnya juga jadi sasaran vandalisme. Kita juga berupaya kepada petugas lapangan atau para pengawas di jalan untuk selalu mengawasi fasilitas umum yang khusus erat kaitannya dengan subsektor trasportasi, karena belum lama ini juga pos penjagaan yang di depan mal BTM menjadi target aksi vandalisme,” ungkap Dody saat dikonfirmasi Bogordaily.net, Senin sore, 13 Juni 2022.

Dody melanjutkan, coretan vandalisme yang terjadi di TPE itu bukan kali ini saja, tetapi sudah puluhan kali dan setiap ada coretan di TPE langsung dibersihkan keesokan harinya.

“Mungkin ini sudah yang ke berapa puluh kalinya. Setiap ada aksi corat-coret, besok atau lusanya pasti selalu kita bersihkan dan memang sekarang ini kita sedang melakukan pemeliharaan alatnya juga, baik dari sistemnya maupun dari fasilitas koneksi internetnya juga,” terangnya.

Dody juga mengungkapkan, aksi vandalisme ini sudah sangat meresahkan. Dan ini sudah menyasar ke sejumlah fasum lainnya seperti Shelter, Pos Terpadu hingga tiang-tiang rambu pun menjadi sasaran vandalisme.

Kemudian, lanjut Dody, para pelaku vandalisme ini diduga dilakukan pada malam hari hingga pagi, atau dimana petugas Dishub sedang tidak berada di lokasi maupun di lapangan, sehingga para pelaku ini lepas dari pengawasan petugas.

Untuk itu, dirinya meminta peran aktif masyarakat untuk sama-sama menjaga fasum yang selama ini di bangun oleh pemerintah.

“Aksi-aksi ini disinyalir dilakukan pada tengah malam sampai menjelang pagi, atau disaat petugas kita sedang tidak ada di lapangan. Dan, apabila menemukan orang-orang atau oknum-oknum vandalisme sedang merusak fasilitas umum, kami mohon untuk segera melaporkannya,” ucap Dody.

Sampai saat ini, kata Dody, oknum-oknum atau pelaku vandalisme belum pernah tertangkap dan Dishub tentunya akan terus memburu pelaku-pelaku vandalisme tersebut.

“Kita pernah pancing agar tertangkap pelakunya, tapi sampai sekarang belum tertangkap dan akan terus kita lakukan patroli, agar pelakunya itu tertangkap,” tegasnya*

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here