Friday, 26 April 2024
HomeEkonomiApa Itu Asuransi Perjalanan dan Manfaatnya?

Apa Itu Asuransi Perjalanan dan Manfaatnya?

Bogordaily.net – Ada banyak sekali jenis-jenis umum yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan . Selain kesehatan, jiwa, mobil, asuransi rumah, ada jenis asuransi lain yang mungkin juga Anda butuhkan, yaitu asuransi perjalanan.

Asuransi ini sering disebut dengan asuransi . Sesuai dengan namanya, asuransi ini diberikan kepada seseorang yang sedang melakukan atau jalan-jalan.

Dalam pembahasan di artikel berikut ini akan dibahas mengenai asuransi perjalanan travel insurance Indonesia.

Selain itu, berbagai produk asuransi perjalanan lainnya juga dapat diketahui di artikel ini. Mari simak penjelasan lengkapnya!
Apa Itu Asuransi Perjalanan?

Asuransi perjalanan merupakan asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi risiko selama perjalanan dari pergi sampai tiba ke tempat tujuan.

Risiko-risiko yang dimaksud bisa berupa kecelakaan, barang yang hilang, bagasi tertukar, atau risiko-risiko yang lainnya.

Masa perlindungan asuransi travel tergolong singkat. Karena hanya melindungi dari Anda berangkat sampai tiba di tempat tujuan.

Asuransi perjalanan tidak hanya berlaku ketika Anda pergi ke kota atau daerah di Indonesia saja. Biasanya juga berlaku bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Jenis Asuransi Perjalanan
Asuransi travel terbagi lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kategori dan tujuan perjalannnya.

Berikut ini beberapa jenis asuransi perjalanan yang bisa Anda klaim:

Asuransi Perjalanan Domestik
Asuransi perjalanan domestik merupakan asuransi yang memberikan uang pertanggungan apabila Anda sedang melakukan perjalanan di Indonesia saja.

Biasanya asuransi ini sudah include dengan harga tiket pesawat yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan.

Jadi, tarif tiket pesawat yang Anda bayarkan sudah termasuk biaya asuransi. Selain itu, ada juga uang santunan meninggal dunia atau cacat apabila terjadi kecelakaan pesawat.

Namun, jika pihak maskapai yang Anda pilih, harga tiketnya tidak include asuransi Anda harus mendaftar sendiri ke perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi .

Asuransi Perjalanan Internasional
Asuransi perjalanan internasional adalah asuransi yang memberikan uang pertanggungan saat Anda melakukan perjalanan internasional atau perjalanan ke luar negeri. Setiap perusahaan asuransi punya kebijakan yang berbeda-beda.

Ada yang menawarkan klaim asuransi travel internasional untuk perjalanan ke seluruh negara di dunia dan ada juga yang hanya menawarkan asuransi untuk perjalanan ke negara-negara tertentu saja. Misal, hanya ke negara Eropa, Asia, atau Amerika saja.

Jadi jika Anda bepergian keluar negeri, sebenarnya tidak hanya visa dan paspor yang dibutuhkan tetapi juga asuransi supaya ada yang menjamin dalam perjalanan.

Asuransi Perjalanan Covid-19
Jenis asuransi perjalanan ini masih tergolong baru, dan hanya beberapa perusahaan saja yang menawarkan asuransi ini. Asuransi perjalanan Covid-19 menjamin biaya medis bagi penderita Covid-19.

Saat ini aturan sudah mulai dilonggarkan, dan Anda bisa pergi ke mana-mana. Nah, selama perjalanan itu, bukan tidak mungkin Anda tertular dan bisa terserang Covid-19.

Maka dari itu, asuransi ini sangat dibutuhkan untuk meringankan biaya jika Anda terkena Covid-19 setelah melakukan perjalanan.

Manfaat Asuransi Perjalanan
Manfaat utama dari asuransi ini adalah mengurangi risiko finansial ketika Anda berkunjung ke kota atau negara lain. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

Kompensasi Kehilangan Bagasi
Jika Anda kehilangan bagasi di bandara yang diakibatkan oleh kelalaian maskapai, maka Anda berhak mendapatkan kompensasi. Perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi sesuai dengan ketentuan polis yang sebelumnya sudah disepakati bersama.

Kompensasi Kehilangan Paspor
Asuransi ini juga memberikan pertanggungan berupa uang pergantian untuk mengajukan paspor baru jika paspor nasabah hilang karena dicuri atau hal-hal tidak terduga lainnya. Namun, jika paspor hilang karena keteledoran nasabah sendiri, maka perusahaan asuransi tidak akan menggantinya.

Kompensasi Penundaan Penerbangan
Asuransi juga memberikan kompensasi apabila terjadi penundaan penerbangan. Karena tentu saja, penundaan penerbangan oleh pihak maskapai ini akan sangat merugikan penumpang.
Nah, jika Anda memiliki polis travel insurance, maka Anda akan mendapatkan kompensasi tunai sesuai dengan polis yang telah disepakati.

Biaya Perjalanan Darurat
Travel insurance juga menanggung biaya perjalanan darurat atau biaya yang harus dikeluarkan apabila nasabah harus kembali ke kota atau negeri asal sesegera mungkin.
Itulah dia pembahasan tentang apa itu asuransi perjalanan, jenis-jenis, dan manfaatnya. Semoga bermanfaat, terutama untuk Anda yang berencana melakukan .

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here