Friday, 3 May 2024
HomeNasionalDoa Qunut Lengkap Latin dan Terjemahannya

Doa Qunut Lengkap Latin dan Terjemahannya

Bogordaily.net – Bacaan adalah doa khusus yang bisa dibaca saat shalat subuh dua rakaat. Doa yang dibacakan seorang muslim untuk memohon keberkahan, pengampunan, dan perlindungan kepada Allah SWT.

dibaca pada rakaat kedua setelah i'tidal dan sebelum melakukan sujud pertama. Berikut ini bacaan lengkap dengan terjemahannya.

Hukum membaca doa qunut menurut Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar adalah sunnah muakkad atau sunnah yang dianjurkan dalam syariat Islam.

Hal ini sebagaimana dalam hadist yang diriwayatkan Anas bin Malik, “Rasulullah SAW senantiasa melakukan qunut pada sholat subuh sampai beliau meninggalkan dunia.” (HR. Ahmad).

Apabila sholat subuh dikerjakan secara jamaah, imam mengeraskan suaranya saat membaca dan para makmum di belakangnya mengamini. Jika sholat subuh dikerjakan secara sendiri, bacaan tidak harus keras. Simak bacaan latin lengkap dengan terjemahannya.

Sholat Subuh

“Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a'thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya'izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta'aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.”

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Keutamaan Membaca

1. Sebagai petunjuk

Keutamaan membaca yang pertama adalah sebagai permintaan petunjuk dari seorang hamba kepada Allah SWT. Hal ini sebagaimana dalam penggalan yakni Allahummahdinii fii man hadaiit”.

2. Sebagai perlindungan

Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan kepada hamba-hambaNya. Hal ini sebagaimana dalam penggalan doa “Wa'afini fii man ‘afait” yang artinya “Berilah hamba keselamatan sebagaimana hamba-Mu yang lain yang sudah diberi keselamatan”.

3. Bentuk rasa syukur

Penggalan doa qunut “wabaariklii fiimaa a'thoiit” yang artinya “berkahilah kepada aku apa yang telah Engkau kasihi” menjelaskan bahwa Allah SWT selalu memberikan berkah kepada hamba-Nya yang selalu bersyukur.

4. Dapat terhindar dari penyakit

Allah SWT senantiasa memberikan keselamatan, kesehatan dan melindungi hambaNya dari segala penyakit. Hal ini sebagaimana doa qunut “wa'aafini fii man hadaiit” yang diyakini memberi perlindungan untuk keselamatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here