Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaJemaah Haji 2022 Wajib Tahu! Berikut Doa Talbiyah Lengkap dan Keutamaannya

Jemaah Haji 2022 Wajib Tahu! Berikut Doa Talbiyah Lengkap dan Keutamaannya

Bogordaily.net – Doa talbiyah merupakan keharusan saat menjalankan ibadah haji. Doa talbiyah menjadi salah satu bacaan yang disunnahkan. Maka dari itu para jemaah juga wajib tahu tersebut.

Menurut istilah, talbiyah berarti ungkapan yang diucapkan untuk memenuhi panggilan dari Allah SWT dalam keadaan ihram haji atau umrah. Lafal ini dibaca setelah jamaah berniat untuk ihram atau haji sampai memasuki Masjidil Haram. Lalu bagaimana yang benar?

Adapun kalimat doa talbiyah dibaca sebanyak tiga kali lalu dilanjut dengan membaca shalawat dan doa. Doa Talbiyah dibaca secara lantang hingga melontar jumrah aqabah pada 10 Dzulhijjah bagi jamaah haji.

Berikut adalah bacaan doa talbiyah, sholawat setelah talbiyah, doa, waktu membaca dan hukum membacanya.

Berikut ini latin yang benar dan diamalkan oleh para jemaah .

Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni'mata laka wal mulk laa syarika lak

Artinya: Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu

Bacaan Sholawat Setelah Talbiyah

Allahumma inna nas aluka ridhaaka wal jannata wa na'uudzubika min sakhaatika wannaar. Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw waqinaa adzaabannaar.

Artinya: Ya Allah sesungguhnya kami memohon keridhaan dan surgaMu, kami berlindung padaMu dari murkaMu dan neraka. Wahai Tuhan kami, karuniailah kami kebaikan di dunia dan kebaikan pula di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa neraka.

Bacaan Doa Setelah Sholawat

Allahumma inna nas'aluka ridhaka wal Jannah, wa na‘udzu bika min sakhatika wan nar. Rabbana atina fid duniya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzaban nar.

Artinya, “Ya Allah sungguh kami memohon ridha dan surga-Mu. Kami berlindung kepada-Mu dari murka dan neraka-Mu. Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka.”

Keutamaan Membaca Talbiyah

1. Membaca kalimat talbiyah akan menghapuskan dosa-dosa kita sehingga akan seperti anak yang baru dilahirkan.

Hal ini berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Jabir RA, bahwa Rasulullah pernah bersabda yang artinya: “Tidak ada (balasan) bagi orang yang berihram yang senantiasa membaca talbiah sampai matahari terbenam, kecuali dosa-dosanya terhapus, dan dia pulang (dari haji tanpa membawa dosa) laksana anak yang baru lahir.”

2. Sekali orang membaca kalimat talbiyah, maka oleh Allah SWT akan dijanjikan masuk surga.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang Artinya: “Tidaklah seorang mengucapkan talbiyah atau mengucapkan takbir melainkan akan dijanjikan dengan kebaikan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya: Wahai Rasulullah, apakah dijanjikan dengan surga? Beliau menjawab: Iya.”

3. Allah SWT akan memberikan kabar baik bagi orang yang membaca kalimat talbiyah. Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang membaca talbiyah, kecuali diberi kabar gembira dan tidaklah seseorang membaca takbir, kecuali diberi kabar gembira.” (HR. Abu Hurairah)

Waktu Membaca Talbiyah

Talbiyah mulai dibaca setelah niat ihram diucapkan dari miqat, baik itu ihram haji maupun ihram umrah. Waktu berakhirnya yaitu:

a. Ketika orang yang berumrah hendak melakukan tawaf bagi jemaah yang beribadah umrah.

b. Ketika orang yang berhaji telah selesai melontar Jamrah Aqabah pada tanggal 10 Dzulhijjah bagi jemaah yang melaksanakan ibadah haji, kemudian mengganti talbiyah dengan bacaan takbir.

Hukum Membaca Talbiyah

Terdapat perbedaan pendapat mengenai hukum membaca talbiyah. Menurut Imam Abu Hanifah, hukum membaca talbiyah adalah syarat sah dari ihram.

Lalu, menurut Imam Maliki, hukum membaca talbiyah adalah wajib. Sedangkan menurut Imam Syafi'I dan Imam Ahmad bin Hanbal, hukum membaca talbiyah yaitu sunah.

Demikian penjelasan lengkap tentang mulai dari keutamaan, bacaan latin, waktu hingga hukum mengucapkannya. Semoga para jemaah diberi kelancaran dalam ibadahnya.

sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here