Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaBahasa Rusia Resmi Dihapus di Sekolah Kota Mykolaiv Ukraina

Bahasa Rusia Resmi Dihapus di Sekolah Kota Mykolaiv Ukraina

Bogordaily.net – Pemerintah Kota menetapkan pelarangan bahasa Rusia di sekolah-sekolah. Pelarangan tersebut akan berlaku mulai awal tahun ajaran berikutnya, atau 1 September 2022.

Pelarangan tersebut diumumkan di Facebook oleh seorang pejabat lokal dari kota ( selatan).

“Komite eksekutif memutuskan untuk melarang penggunaan bahasa Rusia di lembaga pendidikan menengah di Nikolayev. Mulai 1 September, tidak akan ada pilihan, kursus, kelas sekolah dasar yang mengajar dalam bahasa Rusia, atau desain lingkungan pendidikan,” tulis Yekaterina Stokolyas, anggota komite eksekutif dewan kota Nikolayev, seperti dilaporkan TASS.

Pesan itu disertai dengan gambar anak-anak yang menunjukkan seekor kucing memeluk hati dengan warna . Gambar itu menampilkan kata-kata ‘Masalah Bahasa' dan ‘Masalah penting'.

Pekan lalu, Wakil Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan , Andrey Vitrenko, telah mengumumkan bahwa program bahasa Rusia akan dihapus dari referensi pendidikan, khususnya sastra asing dan sejarah .

Keputusan ini sejalan dengan kebijakan de-Russianization yang dilakukan oleh Kyiv selama beberapa tahun, kemjudian dipercepat setelah dimulainya operasi militer Rusia ke pada 24 Februari.

Ini juga akan menghapus hal-hal yang terkait dengan sejarah Rusia-. Novel ‘War and Peace' karya penulis Rusia Leo Tolstoy, yang antara lain membahas tentang perang Rusia melawan Kekaisaran Prancis pada awal abad ke-19, juga termasuk yang dilarang beredar.

Kota , atau disebut Nikolaiv atau Nikolev atau Nikolayef yang memiliki luas luas 259 km persegi dan dihuni tak lebih 500 ribuan penduduk sebelum perang -Rusia meletus pada 24 Februari 2022 lalu, diisi oleh penduduk yang menggunakan bahasa Rusia, karena pada 1787-1792 Rusia pernah membangun kota itu di masa perang Rusia-Turki.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here