Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorBalai Konservasi SDA Jabar, Evakuasi Lutung Jawa di Kampung Jampang

Balai Konservasi SDA Jabar, Evakuasi Lutung Jawa di Kampung Jampang

Bogordaily.net—Balai Konservasi Sumber Daya Alam (SDA) Wilayah I Jawa Barat mengevakuasi jawa yang berada di Kampung Jampang gang Baiturohman, RT 03/02, Desa Jampang, Kecamatan Kemang pada Senin, 13 Juni 2022.

“Hari ini kami mendapatkan informasi bahwa ada masyarakat yang memiliki satwa liar dan kami laporkan ke tim gugus tugas, kemudian kita diperintahkan untuk melihat kondisi dan ,” kata Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA wilayah I Jabar Isep Mukti kepada wartawan.

Dia juga bekerjasama dengan tim ahli satwa untuk membantu , jawa tersebut.

Kemudian, setelah dievakuasi, jawa yang merupakan salah satu satwa yang dilindungi ini, akan dilihat kondisinya. Hal itu dilakukan karena satwa ini akan direhabilitasi di aspinal Cigudeg.

“Nantinya hewan tersebut dipantau makanan, prilakunya, kesehatan dan tempat baru untuk dilepaskan,” ucapnya.

Selain itu, ia mengungkapkan, sementara pihaknua bisa katakan kalau hewan itu jenis jawa.

“Kami mendapat informasi dari pemiliknya kalau jawa daerah asalnya berada di Ujung Kulon,” ungkapnya.

Pemilik jawa di Kampung Jampang, Sunardi menuturkan bahwa dirinya mendapatkan hewan tersebut sejak tiga tahun lalu yang ia dapatkan dari temannya yang tinggal di wilayah Ciampea, Kabupaten Bogor.

“Memang sejak awal kami merawat, hanya belum tahu alamatnya bksda dan menghubungi anaknya agar mencari alamat kantor tersebut untuk diberikan hewan tersebut,” tuturnya.

(Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here