Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorPersiapan Beli Pertalite Pakai Aplikasi MyPertamina di Bogor, Ini Kata Petugas SPBU

Persiapan Beli Pertalite Pakai Aplikasi MyPertamina di Bogor, Ini Kata Petugas SPBU

Bogordaily.net – PT (Persero) menyatakan aplikasi akan menjadi syarat untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar agar penyaluran subsidi bisa tepat sasaran.

Hal ini masih menjadi perbincangan lantaran teknisnya yang dirasa masih kurang dipahami oleh masyarakat, khususnya para pengendara.

Menurut salah satu petugas SPBU di wilayah Cibinong, Kabupaten Bogor, yakni Anggi mengatakan, untuk teknisnya hingga saat ini belum dijelaskan secara detail, tetapi baru ada himbauan kepada para pengendara khususnya pengendara roda 4 untuk memakai aplikasi jika ingin mengisi bahan bakar jenis Pertalite.

“Itu belum dijelasin secara detail baru isu, katanya khusus buat roda 4 aja, kalau motor sih ga wajib, roda 4 wajib, tapi secara teknis nya belum tau bagaimana, udah di kasih tau cuman belum secara detail,” kata Anggi kepada bogordaily.net, Rabu 29 Juni 2022.

Diketahui sebelumnya, Direktur Utama Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, pihaknya berinisiatif dan berinovasi untuk melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar bagi pengguna berhak yang sudah terdaftar di dalam sistem mulai 1 Juli 2022.

“Kami menyiapkan website MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022,” ucapnya dikutip tertulis Rabu 29 Juni 2022.

menjelaskan bahwa masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui laman tersebut untuk kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar.

Sistem akan membantu perseroan dalam melakukan pencocokan data pengguna yang akan membeli BBM bersubsidi.

Alfian meminta masyarakat untuk tidak khawatir apabila tidak memiliki aplikasi karena pendaftaran dilakukan semua di laman subsiditepat..id.

Menurutnya, pengguna yang sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya kemudian akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan.

“Pengguna terdaftar akan mendapatkan kode QR khusus yang menunjukkan bahwa data mereka telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar,” jelasnya.

Pertamina menjamin jika seluruh data sudah cocok, maka konsumen dapat melakukan transaksi di SPBU dan seluruh transaksinya akan tercatat secara digital.

“Inilah yang kami harapkan, Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan Solar, sehingga bisa menjadi acuan dalam membuat program ataupun kebijakan terkait subsidi energi bersama pemerintah sekaligus melindungi masyarakat yang saat ini berhak menikmati bahan bakar bersubsidi,” pungkasnya.

Albin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here