Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalBelum Juga Ditemukan, MUI Jabar Serukan Masyarakat Laksanakan Salat Gaib Untuk Eril

Belum Juga Ditemukan, MUI Jabar Serukan Masyarakat Laksanakan Salat Gaib Untuk Eril

Bogordaily.net – Setelah delapan hari pencarian, alias Eril, belum juga ditemukan. Majelis Ulama Indonesia () Provinsi Jawa Barat mengajak dan menyerukan masyarakat untuk menggelar untuk Eril.

Sebagaimana diketahui, Eril putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil terseret arus di Sungai Aare Swiss. Hingga kini, keberadaannya masih belum ditemukan.

Sekretaris Jabar, KH Rafani Akhyar, menyampaikan bahwa dengan memperhatikan keterangan keluarga serta mempertimbangan ketentuan syariat, maka jenazah Eril harus segera dishalatkan.

“Karena jenazah tidak atau belum ditemukan, maka shalat jenazah dilakukan dengan cara shalat gaib. Oleh karena itu, Jabar menyerukan kepada seluruh masyarakat muslim untuk melakukan shalat gaib atas almarhum Emmeril Khan Mumtaz pada hari Jumat, 3 Juni 2022 di setiap masjid maupun mushola. Shalat gaib bisa dilakukan sebelum shalat Jumat bisa juga ba'da shalat Jumat,” katanya di laman dikutip Jumat, 3 Juni 2022.

“MUI Jawa Barat turut merasakan kesedihan yang mendalam seraya mendoakan semoga Bapak Gubernur beserta keluarga tetap diberi kekuatan dan ketabahan dalam menerima musibah ini,” katanya.

Ketua Umum MUI Jabar, KH Rachmat Syafe'i menyebut Ridwan Kamil dan isteri sudah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa Eril sudah meninggal dunia karena tenggelam.

MUI juga terus menghimbau agar warga memberikan dukungan dan empati kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan keluarga agar Eril ditemukan dalam keadaan baik.

Sebelumnya, Keluarga Ridwan Kamil sudah berkonsultasi untuk pelaksanaan Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril (23). Pihak keluarga baru akan melakukan usai pencarian hari keenam.

Sebagaimana diketahui, Eril putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil terseret arus di Sungai Aare Swiss. Hingga kini, keberadaannya masih belum ditemukan.

Menurut kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, keputusan untuk masih belum bisa dilakukan sebab pencarian untuk hari keenam ini masih belum selesai.

“Antisipasi skenario tersebut (), keluarga sudah berkonsultasi dengan ulama untuk kami dapat persiapkan apa yang harus dilakukan sesuai syariat Islam terhadap apa pun menjadi takdir Eril,” kata Erwin dalam keterangan resmi, Rabu, 1 Juni 2022.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here