Friday, 29 March 2024
HomeTravellingBersiap Liburan? Ini Destinasi Wisata Lokal Paling Diburu Wisatawan

Bersiap Liburan? Ini Destinasi Wisata Lokal Paling Diburu Wisatawan

Bogordaily.net hidden gem ini bakal mengajak Anda menikmati alam dengan segala kesejukan dan keasriannya saat liburan.

kini semakin banyak bermunculan seiring dengan semangat pemerintah mendorong ekowisata hingga ke desa-desa.

Peluang itu ditangkap oleh para pengusaha startup. Salah satunya OYO yang membangun kolaborasi dengan desatinasi wisata lokal itu.

Menurut Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Indonesia, ekowisata memiliki potensi yang cukup besar, dan biasanya dikunjungi oleh wisatawan dalam grup kecil yang aktif mencari informasi mengenai alam dan budaya.

“Hal ini sejalan dengan kolaborasi OYO dalam optimalisasi potensi destinasi ekowisata lokal desa wisata bersama Kemenparekraf. Kami berharap dengan digitalisasi dan integrasi desa-desa wisata tersebut ke platform OYO, maka dapat meningkatkan visibilitas desa-desa wisata maupun destinasi-destinasi unik yang berlokasi di sekitar desa wisata tersebut,” katanya, mengutip siaran tertulis yang diterima Suara.com.

Saat ini, OYO Indonesia telah menjalin kerjasama dengan belasan desa wisata yang tergabung ke dalam jaringan OYO. Sejumlah desa-desa wisata tersebut ternyata memang memiliki beberapa destinasi ekowisata tersembunyi atau hidden gem yang dapat menjadi pilihan alternatif untuk dikunjungi, lho. Penasaran? Ini dia daftarnya:

1. Sanghyang Kenit, Rajamandala, Bandung Barat

Sanghyang Kenit menghadirkan pemandangan arus sungai dan gua-gua purba. Dibendungnya aliran Sungai Citarum Purba ke PLTA Rajamandala, membuat air yang melewati Sanghyang Kenit mendangkal. Arusnya pun saat ini cenderung tenang mengalir di antara bebatuan purba, sehingga dapat dikunjungi oleh para wisatawan.

2. Stone Garden dan situs purbakala Gua Pawon di daerah Citatah Jawa Barat

Lokasi tersebut merupakan kompleks gua purbakala dimana pernah ditemukan kerangka manusia purba yang ditengarai adalah nenek moyang orang Sunda, meski hingga saat ini masih diteliti oleh balai arkeolog Bandung.

Lokasi tersebut merupakan kompleks gua purbakala dimana pernah ditemukan kerangka manusia purba yang ditengarai adalah nenek moyang orang Sunda, meski hingga saat ini masih diteliti oleh balai arkeolog Bandung.

3. Smart farming, Desa Cibeunying, Bandung Barat

Bagi wisatawan yang ingin membawa serta keluarga dan anak-anaknya berlibur, maka destinasi ini bisa menjadi pilihan. Menawarkan pemandangan kebun dan sawah yang asri, destinasi ini juga menyediakan strawberry Farm dan bukit pinus yang dapat dijelajahi bersama keluarga.

4. Puncak Manik, Desa Bangunharja, Kabupaten Ciamis.

Pilihan lain untuk destinasi wisata Keluarga ada di Puncak Manik yang menawarkan berbagai kegiatan untuk keluarga dan anak-anak, seperti wisata edukasi perikanan dan pertanian, fun tubing di sungai cihonje, susur hutan cicapar, puncak manik kidzland, flying fox, permainan outbound, hingga pemandangan lembah Cipetir.

5. Goa Resi di Desa Conto, Bulukerto, Wonogiri, Jawa Tengah

Goa Resi menyuguhkan keindahan alam dan suasana yang asri berupa obyek foto di dalam goa dengan background lampu warna-warni diiringi tetesan air dari atas goa serta menawarkan tempat kolam renang yang dapat dinikmati oleh anak-anak.

6. Carangsari Village Cycling, Desa Carangsari, Bali

Pulau Dewata Bali yang terkenal akan keindahan pantainya juga menawarkan objek destinasi wisata dengan tur sepeda Carangsari Village Cycling yang mengambil rute sepanjang jalan Desa Carangsari.

Tur yang sangat cocok untuk semua tamu dari segala usia ini memungkinkan wisatawan dapat melihat sekilas kehidupan sehari-hari warga lokal, budaya Bali, dan ditemani oleh pemandangan alam yang menakjubkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here