Friday, 29 March 2024
HomeNasionalBMKG Ingatkan Gelombang Tinggi Enam Meter di Laut Selatan Jawa Barat dan...

BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi Enam Meter di Laut Selatan Jawa Barat dan Yogyakarta

Bogordaily.net – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika () memprakirakan hingga enam meter berpotensi terjadi di wilayah laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

pun mengeluarkan peringatan dini yang berlaku mulai Kamis, 23 Juni 2022 pukul 07.00 hingga Jumat, 24 Juni 2022 pukul 07.00 WIB. Dalam keterangan tertulisnya, menyebut diperkirakan 2,5 meter hingga 4 meter berpeluang terjadi di wilayah perairan selatan.

Kemudian, gelombang sangat tinggi antara 4 meter hingga 6 meter berpeluang terjadi wilayah Samudera Hindia Selatan. Dalam penjelasannya, menyampaikan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara ke selatan dengan kecepatan angin berkisar 6-20 knot. Sedangkan, di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 10-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Selatan Jawa, Laut Jawa dan Laut Arafuru. Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap pada Kamis menyampaikan peringatan dini mengenai peluang munculnya di laut selatan Jabar dan DIY hingga Jumat 24 Juni pukul 07.00 WIB.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jawa Tengah, Kamis 23 Juni, mengatakan bahwa tinggi gelombang di perairan selatan Jabar dan DIY diprakirakan 2,5 sampai empat meter atau tergolong tinggi.

Wilayah perairan selatan Jabar dan DIY meliputi perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta.

Teguh mengemukakan bahwa peningkatan tinggi gelombang di wilayah perairan tersebut dipengaruhi oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan, yang dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 10-25 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Jawa, Laut Jawa, dan Laut Arafuru. Angin yang arah tiupannya cenderung searah dengan kecepatan tinggi dapat memicu terjadinya gelombang tinggi,” katanya dikutip Antara.

Ia mengimbau warga yang memanfaatkan masa libur dengan berwisata ke pantai selatan Jabar dan DIY tidak bermain air atau berenang di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas karena gelombang tinggi dapat datang sewaktu-waktu.

“Bagi seluruh pengguna jasa kelautan, kami imbau untuk memerhatikan risiko gelombang tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Kami akan segera informasikan kepada masyarakat jika ada perkembangan lebih lanjut terkait dengan tinggi gelombang,” kata Teguh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here