Buah yang Boleh Dimakan saat Terkena Tipes

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

Kesehatan · 6 Jun 2022 13:30 WIB

4 Buah yang Boleh Dimakan saat Terkena Tipes


 Anggur. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Anggur. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Tipes adalah jenis penyakit yang menginfeksi sistem pencernaan. Selama terserang penyakit ini, sistem pencernaan orang yang sakit tipes mengalami peradangan. Olehkarenanya, beberapa buah ini baik dan boleh dimakan saat sedang terkena tipes.

Melansir dari Hello Sehat, tipes atau bahasa medisnya disebut dengan demam tifoid adalah penyakit menular yang menyerang sistem pencernaan akibat terinfeksi bakteri Salmonella typhi.

Berikut ini ada kumpulan jenis buah yang tidak mengandung serat tinggi dan aman untuk penderita tipes. Meski rendah serat, buah-buahan ini tetap mengandung vitamin dan mineral penting, sehingga bisa membantu proses pemulihan orang yang sakit tipes.

Berikut adalah beberapa buah yang boleh dimakan saat sedang tipes:

Buah pisang, terutama pisang yang sudah matang sangat baik dikonsumsi untuk orang yang sakit tipes. Tekstur pisang matang yang umumnya lembek dan lebih lembut membuat makanan ini dapat dengan mudah melewati saluran pencernaan.

Tidak hanya itu, tipes biasanya juga disertai dengan diare. Kandungan kalium dalam pisang akan membantu menggantikan elektrolit yang keluar dari tubuh Anda ketika diare.

Melon

Melon merupakan buah yang mengandung serat paling sedikit dibanding dengan jenis buah segar lainnya. Meskipun rendah serat, melon mengandung banyak nutrisi yang tidak kalah menyehatkan.

Satu porsi buah melon (100 gram) mengandung 36 kalori dengan 3% serat pangan, 1% protein, 1% zat besi, dan 5% kalium. Berbagai kandungan tersebut bisa membantu orang yang sakit tipes untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga bisa mempercepat proses pemulihan.

Alpukat

Dikutip dari laman John Hopkins Medicine, alpukat adalah makanan super yang mengandung serat dan nutrisi penting. Kandungan buah tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan Anda yang terganggu akibat bakteri penyebab tipes.

Dalam jumlah 100 gram, alpukat mengandung 160 kalori dengan 19% lemak, 3% karbohidrat, dan 4% protein. Buah ini baik untuk Anda yang mengidap tipes karena tinggi kalori dan nutrisi, sehingga dapat membantu pemulihan kondisi kesehatan Anda.

Semangka

Kandungan utama dalam daging buah semangka adalah air. Lantaran mengandung banyak air, semangka memilliki kandungan serat yang rendah. Ini berarti semangka merupakan buah yang baik untuk penderita tipes.

Kandungan air yang banyak pada buah semangka dapat menggantikan cairan dalam tubuh Anda ketika mengidap tipes. Oleh karena itu, semangka dapat mencegah Anda kehilangan terlalu banyak cairan tubuh dan mempercepat proses pemulihan.

Anggur

Buah anggur kaya akan antioksidan berupa flavonoid dan resveratrol. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute, resveratrol dalam buah anggur bermanfaat untuk menangkal dampak yang disebabkan oleh peradangan serta pencegahan beberapa penyakit tertentu. ***

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Jangan Menahan Buang Air Kecil, Bisa Infeksi!

6 Oktober 2022 - 18:55 WIB

menahan buang air kecil

Hindari Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan!

6 Oktober 2022 - 18:02 WIB

setelah makan

Kamu Lagi Sakit Flu? Coba Yuk 4 Obat Alami Ini

6 Oktober 2022 - 09:58 WIB

tanaman herbal

Minum Teh Setiap Hari Bantu Kurangi Resiko Penyakit, Mitos atau Fakta?

5 Oktober 2022 - 17:25 WIB

minu teh setiap hari

Berikut Info Jadwal Praktek Dokter Spesialis di Bogor Senior Hospital

5 Oktober 2022 - 13:36 WIB

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Lagi Stres Berat

5 Oktober 2022 - 09:43 WIB

Trending di Kesehatan