Friday, 19 April 2024
HomeBerita4 Buah yang Boleh Dimakan saat Terkena Tipes

4 Buah yang Boleh Dimakan saat Terkena Tipes

Bogordaily.net – Tipes adalah jenis penyakit yang menginfeksi sistem pencernaan. Selama terserang penyakit ini, sistem pencernaan orang yang tipes mengalami peradangan. Olehkarenanya, beberapa ini baik dan boleh dimakan saat sedang terkena tipes.

Melansir dari Hello Sehat, tipes atau bahasa medisnya disebut dengan demam tifoid adalah penyakit menular yang menyerang sistem pencernaan akibat terinfeksi bakteri Salmonella typhi.

Berikut ini ada kumpulan jenis yang tidak mengandung serat tinggi dan aman untuk penderita tipes. Meski rendah serat, -buahan ini tetap mengandung vitamin dan mineral penting, sehingga bisa membantu proses pemulihan orang yang tipes.

Berikut adalah beberapa yang boleh dimakan saat sedang tipes:

pisang, terutama pisang yang sudah matang sangat baik dikonsumsi untuk orang yang tipes. Tekstur pisang matang yang umumnya lembek dan lebih lembut membuat makanan ini dapat dengan mudah melewati saluran pencernaan.

Tidak hanya itu, tipes biasanya juga disertai dengan diare. Kandungan kalium dalam pisang akan membantu menggantikan elektrolit yang keluar dari tubuh Anda ketika diare.

Melon

Melon merupakan yang mengandung serat paling sedikit dibanding dengan jenis buah segar lainnya. Meskipun rendah serat, melon mengandung banyak nutrisi yang tidak kalah menyehatkan.

Satu porsi buah melon (100 gram) mengandung 36 kalori dengan 3% serat pangan, 1% protein, 1% zat besi, dan 5% kalium. Berbagai kandungan tersebut bisa membantu orang yang tipes untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga bisa mempercepat proses pemulihan.

Alpukat

Dikutip dari laman John Hopkins Medicine, alpukat adalah makanan super yang mengandung serat dan nutrisi penting. Kandungan buah tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan Anda yang terganggu akibat bakteri penyebab tipes.

Dalam jumlah 100 gram, alpukat mengandung 160 kalori dengan 19% lemak, 3% karbohidrat, dan 4% protein. Buah ini baik untuk Anda yang mengidap tipes karena tinggi kalori dan nutrisi, sehingga dapat membantu pemulihan kondisi kesehatan Anda.

Semangka

Kandungan utama dalam daging buah semangka adalah air. Lantaran mengandung banyak air, semangka memilliki kandungan serat yang rendah. Ini berarti semangka merupakan buah yang baik untuk penderita tipes.

Kandungan air yang banyak pada buah semangka dapat menggantikan cairan dalam tubuh Anda ketika mengidap tipes. Oleh karena itu, semangka dapat mencegah Anda kehilangan terlalu banyak cairan tubuh dan mempercepat proses pemulihan.

Anggur

Buah anggur kaya akan antioksidan berupa flavonoid dan resveratrol. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute, resveratrol dalam buah anggur bermanfaat untuk menangkal dampak yang disebabkan oleh peradangan serta pencegahan beberapa penyakit tertentu. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here