Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaCara Membedakan Vitiligo atau Bukan pada Kulit

Cara Membedakan Vitiligo atau Bukan pada Kulit

Bogordaily.net bercak putih pada kulit kerap sulit dibedakan. Apakah tanda lahir, atau justru kurap. Namun, bercak putih akibat berbeda dengan tanda lahir yang umumnya dimiliki anak-anak.

“Saya sering ditanya, kalau tanda lahir anak berwarna putih orangtua takut anaknya . Tapi itu bukan penyakit yang ada sejak lahir. Tapi, bisa terjadi sesaat setelah lahir,” kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin – dr. Reiva Farah Sp.KK. dalam acara webinar Hari Sedunia bersama Regenesis pada Rabu 22 Juni 2022.

Dari pengalaman pribadinya yang berpraktik di RSUP Hasan Sadikin Bandung, pasien termuda yang ditemuinya berusia tujuh bulan. Data secara global juga tercatat, berdasarkan jurnal di India, pasien termuda berusia satu bulan.

“Yang pasti bukan terjadi pada saat lahir langsung putih, jadi orangtua juga harus bisa membedakan,” pesannya.

Ia menjelaskan bahwa tanda lahir biasanya berwarna putih atau agak pink. Sedangkan , perubahan kulit saat awal gejala akan berwarna krem. Kemudian, lambat laun akan berubah menjadi bercak putih.

Dokter Reiva mengatakan, 80 persen pasien di Indonesia mulai mengalami gejala saat masih anak-anak.

Selain pada permukaan kulit, vitiligo juga bisa mengenai bagian mukosa atau selaput lendir, seperti di bibir. Atau bisa menjadi uban, tetapi juga harus dilihat apakah kulit kepalanya berubah warna.

“Kalau kulit kepala ikut memutih, itu bisa jadi vitiligo. Tapi kalau kulit kepalanya tidak putih berarti rambutnya saja yang memutih, bukan vitiligo,” imbuhnya.

Vitiligo termasuk penyakit yang kompleks, kata dokter Reiva. Penyebabnya bisa jadi karena faktor keturunan juga paparan dari lingkungan.

Tetapi orang dengan vitiligo, saat memiliki anak belum tentu keturunannya juga akan mengidap vitiligo. ***

sumber : suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here