Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalCara Menanam Seledri di Polybag, Mudah dan Bisa Dilakukan Sendiri

Cara Menanam Seledri di Polybag, Mudah dan Bisa Dilakukan Sendiri

Bogordaily.net – merupakan salah satu tanaman sayuran yang sering dikonsumsi sebagai pelengkap hidangan. Untuk menanam dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan polybag. Berikut cara menanam di polybag.

Biasanya daun selederi dikonsumsi sebagai penambah rasa maupun obat yang baik untuk kesehatan tubuh. Menanam dalam polybag atau pot lebih mudah diterapkan dengan cara perbanyakan vegetatif. Caranya adalah dengan mengambbil anakan yang tumbuh di sekitar untuk dipindah ke tempat lain, seperti polybag. Begini cara menanam di polybag, dikutip dari Cybext Pertanian.

1. Siapkan bibit daun

Ketika berencana menanam daun , hal pertama yang perlu disiapkan adalah bibitnya. Ingat, menanam tidak harus dari biji, tetapi juga bisa dari bibit. Bibit bisa langsung diambil dari anakan atau tunas yang sudah banyak tumbuh dekat indukannya.

2. Pindah tanaman

Setelah 30 hari fase pembibitan, umumnya bibit sudah bisa pindah tanam. Tandanya sudah tumbuh 3 sampai 4 helai daun. Untuk mempercepat pertumbuhan bibit, bisa juga menyemprotkan pupuk daun dan menambah pupuk NPK sebanyak 10 gram per 10 liter air pada hari ke-20 hingga hari ke-25.

3. Siapkan polybag

Untuk menempatkan bibit seledri, kamu bisa menggunakan wadah polybag atau pot. Pot yang digunakan tidak mesti baru. Kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk wadah tanam seledri.

4. Paparan sinar matahari

Seledri akan tumbuh subur jika mendapat cahaya yang cukup selama enam sampai delapan jam sehari, tapi bukan dari sinar matahari langsung. Gunakan paranet atau bahan lainnya untuk filtrasi cahaya matahari sehingga seledri bisa tumbuh subur.

5. Siram secukupnya saja dan teratur

Siram seledri agar media tanamnya tetap lembap. Proses penyiraman bisa dilakukan satu kali sehari atau tiga kali sehari dalam seminggu.

6. Aplikasikan pupuk

Daun seledri cukup dipupuk dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Taburkan 1-2 genggam kompos sebulan sekali. Untuk tambahan nutrisi, kamu bisa memanfaatkan air cucian beras untuk dijadikan sebagai pupuk seledri. Siram tanaman seledri dengan air cucian beras seminggu sekali.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here