Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaCara Merawat Gigi Palsu yang Baik dan Benar

Cara Merawat Gigi Palsu yang Baik dan Benar

Bogordaily.net – Cara yang baik dan benar perlu Anda ketahuia karena juga butuh dirawat agar tidak menimbulkan masalah gigi dan mulut lanjutan.

Dokter gigi spesialis prostodonsia drg. Andy Wirahadikusumah, Sp. Pros dari PDEC x Tooth & Co Dental Clinic menekankan pentingnya untuk dengan tetap menjaga kebersihan.

Cara seperti merawat gigi asli. Sebab, banyak orang beranggapan bahwa karena , maka tidak perlu menyikat gigi.

Jika tidak dirawat dengan baik justru akan menimbulkan masalah juga kalau tidak dibersihkan.

drg. Andy mengatakan bahwa perawatan tergantung pada jenisnya. Pada jenis permanen, gigi harus tetap disikat gigi dua kali sehari pada waktu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Kemudian pada jenis lepasan, gigi tiruan itu harus dilepas pada malam hari untuk dibersihkan dan direndam supaya tidak ada sisa-sisa makanan yang terjebak.

Jika gigi palsu lepasan kotor, maka dapat berpotensi menimbulkan penyakit gusi atau gigi berlubang pada gigi-gigi asli yang masih tersisa.

Mengutip dari Antara, drg. Andy juga menganjurkan untuk melakukan pembersihan pada celah-celah gigi dengan benang gigi atau dental floss. Menurutnya, cara perawatan ini sangat membantu untuk menjaga kebersihan daerah gigi yang tidak bisa dijangkau oleh bulu sikat.

Cara menggunakan benang gigi adalah dengan memasukkan ke sela-sela gigi, kemudian dilakukan gerakan mencungkil, di mana benang ditarik ke atas supaya makanan yang tersangkut bisa terangkat.

Dan sama seperti pada pasien dengan gigi normal, pasien yang menggunakan gigi palsu juga harus tetap melakukan kontrol atau dental check up setidaknya satu kali setiap enam bulan.

Dengan rutin kontrol, maka dokter juga dapat mengecek kembali kondisi gigi palsu pada pasien; apakah masih bagus, apakah sudah longgar, atau bahkan mulai tampak sisa makanan yang sering menempel pada daerah tertentu.

Gigi palsu yang terjaga kebersihannya, dan rajin dikontrol ke dokter gigi, otomatis penggunaannya akan lebih awet.

Lalu, kapan gigi palsu sebaiknya diganti? Menurutnya, gigi palsu harus diganti pada saat akurasinya sudah tidak sesuai akibat gigi palsu sering jatuh, atau kadang tidak dipakai. Kemudian kalau gigi palsu sudah kotor atau mulai berjamur, maka harus dibuatkan yang baru.***

sumber : suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here