Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorCatat! Bulan Depan Festival Serdadu di Rancamaya Bogor

Catat! Bulan Depan Festival Serdadu di Rancamaya Bogor

Bogordaily.net – Aparatur wilayah di Kelurahan bersama Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) dan warga terus mempercantik yang dipusatkan di RW09, Kelurahan , Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Bahkan, di Juli 2022 mendatang lokasi tersebut akan digelar festival kuliner serba dari durian (serdadu). Nantinya, makanan dan minuman yang disajikan terbuat dari durian yang bisa dinikmati oleh pengunjung yang datang ke acara tersebut.

Lurah , Hardi Suhardiman mengatakan, festival serdadu itu rencananya akan dilaksanakan pada 16 atau 17 Juli 2022. Dimana nantinya akan ditampilkan berbagai macam makanan dan minuman dengan bahan dasar durian.

“Kita coba lakukan sebuah gebrakan bersama warga dan kompepar untuk kembali menghidupkan yang dikenal dengan duriannya melalui festival serdadu. Ini rencananya di tanggal 16 atau 17 Juli,” kata Hardi kepada Bogordaily.net, Kamis, 16 Juni 2022.

Hardi melanjutkan, bahwa yang dipusatkan di Legok Petir, RW09 itu ke depan akan menjadi kampung tematik yang ada di . Untuk itu, dia dan warganya serta kompepar terus berbenah dan salah satunya dengan pembangunan taman di area .

 

Warga guyub melakukan kerja bakti hingga pembuatan taman di (Heri/Bogordaily.net)

Ia juga mengaku kagum kebersamaan yang dilakukan oleh warganya, sebab dalam pembangunan taman tersebut menggunakan anggaran swadaya masyarakat. Artinya, non APBD, tetapi program terus berjalan.

“Saat ini kita buat taman, sehingga pas waktunya nanti pengunjung disuguhi dengan pemandangan taman. Kemudian produk UKM Rancamaya yaitu serba dari durian seperti keripik, dodol, cendol dan lain sebagainya, termasuk nantinya akan ada pertunjukan seni budaya tradisional yang memang harus terus dibudayakan hingga permainan tradisional pun akan disuguhkan,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Kompepar Rancamaya Ahmad Arifin mengatakan, festival serdadu salah satu rangkaian penutup Hari Jadi Bogor (HJB) yang ke 540 tahun, yang di gagas oleh Kompepar di Kelurahan Rancamaya.

“Ini salah satu wacana yang sudah lama, namun baru akan terealisasi di tahun 2022, dan itu sudah kesepakatan yang dirancang sejak lama,” katanya.

Menurutnya, kegiatan festival serdadu ini Kompepar akan lebih menampilkan kearifan lokal, seperti permainan jaman dulu atau kaulinan baheula, sekaligus menonjolkan makanan dan minuman serba dari durian.

“Karena ini festival serdadu jadi kami akan kolaborasi antara kaulinan baheula dan kuliner serba durian, disini wisatawan bisa menikmati makanan yang diolah dengan bahan baku dari durian, termasuk nantinya ada bakso dan kopi durian,” jelas dia.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan di bulan Juli 2022 mendatang, yang sudah dirancang oleh kompepar. Kebetulan, kegiatan merupakan swadaya dari masyarakat.

“Nanti kami akan memberikan pelayanan terbaik, kepada wisatawan maupun masyarakat, baik masyarakat Bogor maupun luar Bogor, ” kata dia.

Kompepar sendiri, sudah berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Rancamaya dan pihak kelurahan sangat men-support kegiatan ini.

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here