Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaChina Bantah Teori Covid-19 Bocor dari Lab

China Bantah Teori Covid-19 Bocor dari Lab

Bogordaily.net – Bermotif kebohongan, China membantah dengan tegas teori yang menyebut Covid-19 berasal dari kebocoran laboratoriumnya.

Bantahan teori covid-19 tersebut muncul setelah () mengeluarkan laporan pada Kamis 9 Juni 2022. Di dalamnya muncul rekomendasi untuk melakukan penyelidikan lebih dalam mengenai kecelakaan di .

Laporan itu juga menyebut kesulitan untuk menyimpulkan sumber Covid-19 karena adanya pembatasan informasi yang diberikan oleh China.

Berbicara dalam konferensi pers pada Jumat 10 Juni 2022, jurubicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian menolak pernyataan yang menyebut Beijing tidak bekerja sama secara penuh dengan para penyelidik. Zhao mengatakan China menyambut penyelidikan berbasis ilmiah, namun menolak segala manipulasi politik.

“Teori kebocoran di lab benar-benar kebohongan yang dibuat oleh pasukan anti-China untuk tujuan politik, yang tidak ada hubungannya dengan sains,” kata Zhao, seperti dikutip dari Associated Press.

Alih-alih, Zhao mengatakan juga perlu melakukan investigasi di yang mencurigakan sepeti Fort Detrick dan University of North Carolina di Amerika Serikat. Menurut China, AS telah mengembangkan virus corona sebagai senjata biologis di tersebut.

“Kami selalu mendukung dan berpartisipasi dalam pelacakan virus global berbasis sains, tetapi kami dengan tegas menentang segala bentuk manipulasi politik,” tambah Zhao.

Lebih lanjut, Zhao mengatakan China telah memberikan kontribusi besar terhadap pelacakan virus, berbagi sebagian besar data, dan hasil penelitian.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here