Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalDaftar Tokoh yang Dikabarkan Jadi Menteri Baru hingga Kena Reshuffle

Daftar Tokoh yang Dikabarkan Jadi Menteri Baru hingga Kena Reshuffle

Bogordaily.net – Siapa yang bakal jadi baru dan yang bakal kena resuffle?

Kini isu reshuffle itu semakin kencang setelah sejumlah dan tokoh politik hadir ke Istana Negara, Selasa 14 Juni 2022 sore, untuk memenuhi panggilan sang presiden.

Nama-nama sejumlah tokoh itu digadang-gadangkan akan terkena reshuffle hingga ditunjuk sebagai baru di Kabinet Indonesia Maju.

Walau begitu, hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi resmi dari Istana Negara mengenai nama-nama yang kemungkinan akan menjadi baru ataupun diganti.

Berdasarkan penelusuran Suara.com, berikut nama-nama tokoh yang sudah hadir ke Istana Negara untuk memenuhi panggilan Jokowi:

1. Hadi Tjahjanto

Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto menjadi salah satu tokoh yang hadir di Istana Negara. Sosoknya dikabarkan akan ditunjuk Jokowi untuk menjabat .

Mengenai pemanggilan Jokowi, Hadi sendiri masih irit bicara. Ia hanya mengaku langsung bergegas ke Istana begitu dipanggil orang nomor satu di Indonesia.

“Baru saja (dipanggil), makanya saya ngebut. Enggak ada persiapan. Ini baru olahraga, langsung lari saya,” kata Hadi memberi tanggapan singkat kepada awak media di kawasan Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Selasa 14 Juni 2022.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan ikut dipanggil Presiden Jokowi pada Selasa 15 Juni 2022. Namanya ramai diyakini bakal masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju.

Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno sebelumnya sempat mengisyaratkan jika partainya dalam jajaran di kabinet Jokowi-Ma'ruf.

“Kami tentu yang bisa saya sampaikan adalah kader terbaik kami mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa ikut secara aktif untuk mendukung, mengawal program-program dari Pak Jokowi dan Pak M'aruf Amin,” kata Eddy di kantor KPU RI, Selasa 14 Juni 2022 malam.

Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menjadi salah satu pejabat yang dipanggil Jokowi. Pemanggilan ini membuat namanya semakin kencang diisukan akan terkena reshuffle.

Apalagi, kinerja Lutfi ramai menjadi sorotan tajam masyarakat akibat kasus kelangkaan minyak goreng, yang memicu harga selangit. Selain itu, sosok Lutfi juga dinilai tidak bisa mengatasi kasus mafia minyak goreng.

4. Syahrul Yasin Limpo

Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo turut hadir ke Istana Negara pada Selasa sore. Ia dikabarkan juga menjadi target reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Menanggapi itu, Syahrul Yasin Limpo tidak mau banyak bicara dan lebih ingin fokus untuk bekerja melakukan tugasnya. Ia juga mengaku tidak pernah mendapat pemanggilan khusus dari Presiden Jokowi untuk membicarakan wacana perombakan kabinet.

“Aku enggak tahu tuh. Aku kerja aja. Aku mulai dari bawah kerjanya, kerja aja, semampu-mampu dan sekuat-kuatnya,” kata Syahrul kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 14 Juni 2022.

“Enggak tadi rapat aja. Rapat dan salah satunya aku diminta untuk mempersiapkan beras cukup. Ya sekali-kali kita ekspor, aku lagi persiapkan itu,” lanjutnya.

5. Prabowo Subianto

Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ternyata menjadi salah satu tokoh yang memenuhi panggilan Presiden Jokowi.

Meski demikian, masih tidak diketahui alasan kehadiran Prabowo di tengah isu reshuffle, apakah jabatannya akan diganti atau tidak. Pasalnya, pihak Istana juga belum memberikan keterangan resmi.

6. Sofyan Djalil

Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil juga dikabarkan akan terkena reshuffle. Jabatannya bahkan disebut-sebut akan digantikan Zulkifli Hasan.

Isu itu sempat ditanggapi oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang merupakan salah satu partai koalisi pendukung pemerintah. PPP menyatakan tidak masalah jika Zulkifli Hasan menjadi Menteri ATR.

“Kalau bagi PPP tidak ada masalah beliau menjadi menteri di bidang ATR atau apa, silakan saja. Itu menjadi hak prerogatif Presiden Jokowi,” kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

7. Surya Tjandra

Wakil Menteri ATR/BPN, Surya Tjandra menyusul Sofyan Djalil dalam kehadirannya di Istana Negara. Ia turut dipanggil Presiden Jokowi, dan diisukan akan terkena reshuffle.

Walau begitu, kabar tersebut masih belum diketahui dan menanti keterangan resmi dari pemerintahan.

Sumber : suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here