Monday, 13 May 2024
HomeBeritaDear Ibu Menyusui, ASI Tidak Keluar Lakukan 6 Langkah Ini

Dear Ibu Menyusui, ASI Tidak Keluar Lakukan 6 Langkah Ini

Bogordaily.net– Air Susu Ibu atau yang tidak keluar setelah melahirkan memang sering menjadi kekhawatiran dan kecemasan bagi para ibu. Kondisi ini bisa membuat ibu merasa frustasi. Namun, sebaiknya ibu harus percaya bahwa tidak sendiri. Langkah pertama yang bisa dilakukan saat tidak keluar adalah tarik napas dalam-dalam. Sebab, bayi akan baik-baik saja. Selain itu dilansir Suara.com dari Healthline, ada banyak hal yang bisa Anda dilakukan untuk mendorong suplai lebih banyak.

Pijat area payudara

Stimulasi payudara dapat membantu mendorong produksi dan meningkatkan jumlah yang diproduksi. Jadi, Anda bisa memijat-mijat payudara ketika tidak keluar atau hanya sedikit.

Pompa payudara

Gunakan pompa payudara yang tersedia di rumah sakit untuk merangsang produksi . Sebab, jenis pompa khusus rumah sakit biasanya memiliki daya hisap ekstra yang bisa membuat perbedaan besar dalam jumlah . Langkah ini bisa memicu peningkatan yang signifikan dalam jumlah di masa mendatang.

Rutin perah

Anda harus menyusui atau sering memompa payudara setiap 2-3 jam untuk mengosongkan payudara. Hal ini akan merangsang produksi ASI yang lebih.

Gunakan bantal pemanas atau mandi air hangat

Pakai bantal pemanas atau mandi air hangat sebelum memeras payudara juga bisa membantu mengeluarkan lebih banyak ASI.

Dengarkan musik santai

Mendengarkan musik santai bisa membantu Anda lebih tenang dan rileks, sehingga membuat hormon yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi ASI lebih lancar.

Minum air dan tidur cukup

ASI sudah pasti mengandung banyak air. Jadi, meningkatkan asupan air bisa membantu meningkatkan jumlah ASI yang dihasilkan. Banyak wanita merasa mereka memproduksi lebih banyak ASI setelah tidur. Sebab, tubuh memiliki kesempatan untuk rileks dan mendapatkan aliran hormon penghasil susu yang tepat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here