Monday, 6 May 2024
HomeTravellingDesa Wisata Samiran Boyolali, Rumah Transit Bagi Para Pendaki

Desa Wisata Samiran Boyolali, Rumah Transit Bagi Para Pendaki

Bogordaily.net – Desa Samiran Boyolali, merupakan sebuah desa kecil yang terletak di lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, yang berfungsi sebagai tempat transit bagi para pendaki. Meskipun hanya sebagai tempat transit, desa Samiran ini memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Desa Samiran Boyolali merupakan kawasan yang berhawa sejuk di daerah pegunungan. Mulai dirintis tahun 2007 oleh sekelompok kecil masyarakat Desa Samiran yang perduli dengan perkembangan kepariwisatan Wilayah Selo umumnya dan Desa Samiran khususnya.

Udara sejuk di Desa ini tidak lain karena desa ini berada pada ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut.

Desa juga diapit dua gunung besar di Jawa, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Desa yang lebih familier dengan sebutan DEWI SAMBI (Desa Samiran Boyolali) ini banyak diminati wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama yang menyenangi tracking.

Desa juga telah dilengkapi dengan fasilitas homestay, yang beberapa di antaranya telah memenuhi standar asing.

Penduduk setempat di Samiran secara sukarela menjadi tuan rumah bagi pejalan kaki yang membutuhkan tempat tinggal sambil menunggu waktu yang tepat untuk mendaki.

Beberapa rumah memiliki kamar tidur besar yang dapat menampung hingga 20 tamu. Pengunjung membayar Rp 150.000 per kamar per menginap, plus tambahan Rp 25.000 per orang untuk makan tiga kali sehari.

Ada beberapa paket yang ditawarkan untuk mengisi liburan di desa ini, yaitu Soft Tracking dan Hard Tracking ke Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Paket untuk mengajak wisatawan menikmati kehidupan di pedesaan dan lingkungan sekitarnya.

Beberapa paket lainnya berupa live in dengan masyarakat lokal, menyaksikan pertunjukan tarian tradisional, berburu Golden Sunrise, sarapan pagi dengan menu tradisional di Pasar Tiban menggunakan uang batok kelapa, serta berbagai atraksi wisata lainnya.***

(Raista Hasan/Magang)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here