Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaDeteksi Dini Penyakit Tidak Menular, RS AZRA Gelar Webinar Edukasi

Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular, RS AZRA Gelar Webinar Edukasi

Bogordaily.ne – RS AZRA Bogor kembali melaksanakan webinar kesehatan di Aplikasi ZOOM dengan tema “Bahaya Dan ” yang dilaksanakan dalam rangka gerakan bulan deteksi dini penyakit tidak menular (), Rabu 23 Juni 2022.

Webinar Kesehatan ini merupakan salah satu program reguler Rumah Sakit Azra yang bertujuan untuk mengkampanyekan pentingnya budaya hidup sehat di media sosial. Melalui program ini masyarakat diharapkan dapat peduli dan sadar pentingnya menjaga kesehatan pada tubuh

Adapun narasumber pada acara webinar kesehatan kali ini yaitu dr. Kandita Arjani, Sp.JP (Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS AZRA) dan moderatornya yaitu Ibu Bd. Septi Puspo Wardani, SKM (Promkes RS AZRA). Acara ini di dihadiri secara online sekitar 67 peserta.

Secara garis besar webinar kesehatan ini membahas tentang mengapa hipertensi berbahaya, pencegahan hipertensi, pengertian , tempat-tempat nyeri pada gangguan jantung, tanda .

Penyakit kardiovaskular memegang 1/3 dari jumlah kematian nasional. Dari survey terhadap 22.000 orang , 29.2% memiliki faktor resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Hal tersebut yang melatarbelakangi RS AZRA membahas lebih detail tentang Bahaya Dan di webinar kali ini.

Hipertensi berbahaya karena jika tidak terkontrol, dapat menyebabkan terjadinya komplikasi seperti, penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, retinopati (kerusakan retina), penyakit pembuluh darah tepi, gangguan saraf, dan gangguan serebral (otak).

Semakin tinggi tekanan darah semakin tinggi risiko kerusakan pada jantung, dan pembuluh darah pada organ besar seperti otak dan ginjal.

“Diagnosis Hipertensi ditegakkan bila (Tekanan Darah Sistole) TDS>=140 mmhg atau (Tekanan Darah Diastole) TDD>= 90 mmHg pada pengukuran di klinik atau fasilitas kesehatan,” ujar dr. Kandita

dr. Kandita juga menjelaskan ada beberapa pencegahan hipertensi yaitu hidup dengan pola hidup sehat CERDIK :

  • C : Cek kesehatan secara rutin
  • E : Enyahkan asap rokok
  • R : Rajin aktivitas fisik
  • D : Diet seimbang
  • I : Istirahat cukup
  • K : Kelola stress

Selain itu disarankan juga untuk melakukan hal hal berikut kurangi asupan garam (batasi konsumsi garam tidak lebih dari 2/3 sendok teh perhari), kurangi konsumsi kopi (Bila tidak terkontrol), stop merokok, hindari minuman beralkohol, ukur tekanan darah secara berkala, olahraga teratur, jaga berat badan ideal. Selanjutnya, dr Kandita juga menjelaskan beberapa poin tentang .

adalah kematian sebagian otot jantung yang disebabkan berkurangnya atau terhentinya pasokan darah akibat tersumbatnya satu atau lebih pembuluh koroner oleh gumpalan darah (trombus) dan dapat berakibat pada kegagalan pompa jantung,” ujar dr Kandita.

“Gejala serangan jantung beragam bisa saja tidak begejala hingga tidak bergejala, nyeri dada kiri dan menjalar, sesak nafas, mati mendadak, denyut jantung tidak teratur, pingsan/kejang,” tambahnya.

Sedangkan, bagi yang mengalami gangguan irama jantung dapat dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat holter. Holter monitor biasanya dipasang pada pasien dengan keluhan sering berdebar, pingsan, dan mudah pusing yang seringkali saat diperiksakan ke dokter, keluhan tersebut telah hilang.

Dokter Spesialis Jantung dapat merekomendasikan pemasangan Holter Monitoring untuk memantau gejala yang muncul beserta irama jantung pasien secara kontinyu.

Hasil dari perekaman holter ini dapat membantu dokter untuk mengetahui (diagnosa) kondisi pasien tertentu, sehingga keluhan pasien dapat teratasi.

Jika ada pasien ingin melakukan pemantauan irama jantungnya bisa datang ke fasilitas kesehatan terdekat. Pada saat ini alat holter monitor sudah tersedia di RS AZRA.

Selain penjabaran materi yang disampaikan dengan baik ada juga sesi Tanya jawab online melalui kolom chat dan bertanya langsung di Aplikasi ZOOM.

Acara berjalan dengan lancar dan penonton sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan pada topik ini. Ada juga pembagian doorprize yang dibagikan dengan cara diundi secara acak dan pertanyaan terbaik.

Acara ditutup dengan foto bersama. Info lebih lanjut tetang holter monitor dapat menghubungi call center 0251-8318-456.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here