Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaDi KTT Jerman, Jokowi Sebut 323 Juta Orang Terancam Hadapi Kelaparan Akut

Di KTT Jerman, Jokowi Sebut 323 Juta Orang Terancam Hadapi Kelaparan Akut

Bogordaily.net di dihadiri sejumlah kepala negara termasuk Presiden Joko Widodo (). Dalam perhelatan di Elmau itu, menyebut 323 juta orang terancam menghadapi kerawanan pangan akut di tengah krisis pangan yang melanda dunia saat ini.

“323 juta orang pada 2022 ini, menurut World Food Programme, terancam menghadapi kerawanan pangan akut,” kata dalam keterangan resmi dari di Elmau, , dikutip CNN Indonesia.

pun meminta seluruh negara yang tergabung dalam kelompok G7 dan G20 mengatasi krisis pangan di dunia bersama-sama.

“G7 dan G20 memiliki tanggung jawab besar untuk mengatasi krisis pangan ini. Mari kita tunaikan tanggung jawab kita, sekarang, dan mulai saat ini,” imbuhnya.

menjelaskan, krisis pangan mengancam masyarakat di negara berkembang jatuh ke jurang kemiskinan ekstrem. Menurut dia, perempuan dan keluarga miskin akan menjadi pihak yang paling menderita menghadapi kekurangan pangan bagi anak dan keluarga.

“Harus segera bertindak cepat mencari solusi konkret. Produksi pangan harus ditingkatkan. Rantai pasok pangan dan pupuk global harus kembali normal,” jelas Jokowi.

Ia menegaskan dukungan dari negara G7 untuk melakukan reintegrasi ekspor gandum Ukraina, ekspor komoditas pangan, dan pupuk Rusia harus dilakukan untuk memperbaiki rantai pasok global.

Kepala negara juga mengatakan ada dua cara untuk merealisasikan hal tersebut. Pertama, fasilitas ekspor gandum Ukraina harus segera berjalan.

Kedua, komunikasi secara proaktif kepada publik bahwa komoditas pangan dan pupuk dari Rusia tidak terkena sanksi harus dilakukan.

“Komunikasi intensif perlu sekali dilakukan sehingga tak terjadi keraguan yang berkepanjangan di publik internasional. Komunikasi intensif ini juga perlu dipertebal dengan komunikasi ke pihak-pihak terkait seperti bank, asuransi, perkapalan, dan lainnya,” jelas Jokowi.

Sebelumnya Jokowi juga membahas situasi di Ukraina dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di sela-sela .

Jokowi menyampaikan apresiasi atas upaya Presiden Macron untuk mewujudkan perdamaian di Ukraina.

“Kita semua paham situasi sangat kompleks. Namun kita perlu terus upayakan penyelesaian secara damai. Jika perang berlanjut, krisis pangan yang terjadi saat ini akan makin memburuk,” kata Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi juga membahas Presidensi G20 Indonesia. Ia menyampaikan apresiasi atas dukungan Prancis terhadap Presidensi G20 Indonesia.

Sementara itu Presiden Macron menyampaikan kembali dukungan kuat terhadap presidensi Indonesia dan yakin bahwa G20 akan sukses dan dapat menghasilkan kerja sama konkret.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here