Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorDiskanak Kabupaten Bogor Ajukan 5000 Dosis Vaksin PMK

Diskanak Kabupaten Bogor Ajukan 5000 Dosis Vaksin PMK

Bogordaily.net-Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor mengajukan sekitar lima ribu dosis vaksin untuk atasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Kesmavet Diskanak Kabupaten Bogor, Prihartini usai menghadiri rapat perkembangan terkini penanganan PMK di Gedung Sekretariat Daerah, pada Senin 20 Juni 2022.

“Yang awal 5000, untuk sapi perah dulu, vaksinnya itu dari Jerman. Vaksin yang sudah di distribusikan hanya 10.000 untuk se Indonesia,” kata Kabid Kesmavet Diskanak Kabupaten Bogor, Prihartini kepada wartawan pada Senin 20 Juni 2022.

Ia mengatakan, untuk Kabupaten Bogor sudah mendapat sekitar 100 dosis vaksin PMK untuk Kawasan Usaha Peternakan (Kunak) yang jumlah hewan sapi nya mencapai ribuan.

“Jadi vaksin PMK merek Boehringer itu buatan Jerman. Dari kebutuhan atau usulan sebesar 15.000 vaksin PMK untuk vaksin tahap ke satu yang akan disuntikkan kepada sapi yang sehat. Sapi yang sudah terkontaminasi tidak perlu divaksin, mereka akan mendapat kekebalan satu tahun, tahun depan baru divaksin. Jadi vaksin ini untuk yang sehat,” tambahnya.

Berdasarkan info dari Pemerintah Pusat, kata Prihartini, minggu ini akan datang vaksin dengan dosis yang besar yaitu tiga juta untuk se Indonesia.

“Kata pusat sekitar 3 juta dosis vaksin. Jadi vaksin 3 kali booster, sekarang divaksin, 2 minggu lagi vaksin, entar 6 bulan lagi divaksin, itulah harus dianting sapinya,” tutupnya.

Muhammad Irfan Ramadan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here