Saturday, 18 May 2024
HomeBeritaDoa Takziah untuk Jenazah Pria, Bacalah saat Melayat Eril

Doa Takziah untuk Jenazah Pria, Bacalah saat Melayat Eril

Bogordaily.net – Melayat atau takziah dalam Islam diatur termasuk dengan doa Takziah yang harus dibacakan saat melayat. Berikut ini akan dijelaskan mengenai doa takziah untuk jenazah pria dan wanita.

Doa ini juga bisa dibacakan saat melayat Eril, sapaan akrab untuk Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Gubernur Jawa Barat . Yang saat ini sedang dinanti masyarakat Jabar menunggu kedatangan jenazahnya di Gedung Pakuan Bandung.

Doa Takziah untuk Jenazah Pria

Sebelum doa khusus untuk jenazah laki-laki atau perempuan, ada doa yang umum untuk dilafalkan para pelayat di rumah duka. Dikutip dari islam.nu.or.id, doa-doa tersebut antara lain:

1. Doa takziah saran dari Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir.

A‘dlamaLlâhu ajraka wa ahsana ‘azâ'aka wa ghafaraka li mayyitika

Artinya:”Semoga Allah memperbesar pahalamu, dan menjadikan baik musibahmu, dan mengampuni jenazahmu.”

2. Doa takziah saran dari HR Bukhari dan Muslim

Inna liLlâhi taâlâ mâ akhadza wa lahu mâ a'thâ wa kullu syai-in ‘indahu bi ajalin musammâ famurhâ faltashbir wal tahtasib

Artinya:“Sesungguhnya Allah maha memiliki atas apa yang Dia ambil dan Dia berikan. Segala sesuatu mempunyai masa-masa yang telah ditetapkan di sisi-Nya. Hendaklah kamu bersabar dan mohon pahala (dari Allah)

Doa jenazah laki-laki

Kemudian setelah membaca salah satu doa diatas, dilanjutkan dengan membaca doa untuk jenazah laki-laki. Berikut bunyi doa takziah untuk laki-laki atau untuk jenazah laki-laki.

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa'fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi' Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Doa jenazah Perempuan

Sebagai tambahan, apabila dikemudian hari berkesempatan mendoakan jenazah perempuan, berikut doa untuk jenazah perempuan sebagaimana dikutip jua dari muslimahdaily.com.

Allaahummaghfir laha warham ha wa'aafi ha wa'fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi' madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: “Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

Demikian informasi berkaitan dengan doa takziah untuk laki-laki dan juga untuk perempuan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dan semoga amal ibadah ananda Eril, Putra diterima disisinya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here