Sunday, 12 May 2024
HomeBeritaDuh! Mahathir Minta Malaysia Klaim Singapura-Kepulauan Riau

Duh! Mahathir Minta Malaysia Klaim Singapura-Kepulauan Riau

Bogordaily.net– Mantan Perdana Menteri , mendesak Negeri Jiran mengklaim Singapura dan Kepulauan Riau sebagai bagian dari wilayahnya.

Mahathir menilai Singapura dan Kepulauan Riau merupakan bagian dari tanah Melayu.

“Kita harusnya tak hanya meminta Pedra Branca dikembalikan, atau Pulau Batu Puteh, kita juga harus meminta Singapura pun Kepulauan Riau, mengingat mereka adalah bagian dari Tanah Melayu [],” kata Mahathir, , 19 Juni 2022 sebagaimana dikutip CNN Indonesia.

Pernyataan tersebut diungkapkan Mahathir saat berpidato di sebuah acara yang diselenggarakan beberapa organisasi non-pemerintah di bawah Congress for Malay Survival bertajuk Aku Melayu: Kelangsungan Hidup Dimulai.

Ia juga menegaskan bahwa Singapura sebelumnya merupakan bagian dari Johor dan Johor seharusnya mengklaim Singapura sebagai wilayah mereka.

“Namun, tak ada tuntutan terkait Singapura. Kita malah menunjukkan apresiasi kami kepada kepemimpinan negara baru itu, yang disebut Singapura,” ujarnya.

Lebih lanjut Ia menyindir Pemerintah karena merasa lebih “untung” ketika merebut Kepulauan Sipadan dan Ligitan dalam konflik dengan Indonesia di Mahkamah Internasional (ICJ), tetapi melepaskan Pedra Branca ke Singapura.

Mahathir juga mengatakan bahwa lahan dulu terbentang dari Tanah Genting Kra di Thailand hingga Kepulauan Riau dan Singapura. Namun, wilayah itu kini terbatas di Semenanjung .

“Saya khawatir Semenanjung akan diambil oleh orang lain di masa depan,” katanya, dilansir The Straits Times.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here