Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorDukung HIPMI Kota Bogor Goes To School, Tirta Pakuan Ingin Cetak Enterpreneur...

Dukung HIPMI Kota Bogor Goes To School, Tirta Pakuan Ingin Cetak Enterpreneur Muda

Bogordaily.net Goes To School di SMK Wikrama berakhir. Wakil Wali Kota Bogor bersama Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan, Rino Indira Gusniawan menghadiri acara Wisuda program HIMPI Kota Bogor Goes To School yang di gelar di SMK Wikrama Jalan Raya Wangun, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Sebanyak 600 siwa SMK Wikrama yang mengikuti program HIPMI Goes To School diwisuda, Selasa 7 Juni 2022.

Wakil Wali Kota Bogor mengapresiasi yang sudah konsisten membimbing dan menciptakan enterpreneur baru yang basic-nya dari siswa SMK.

“Dengan program ini dapat memicu produktifitas dan keinginan siswa untuk menjadi pengusaha yang tangguh, karena menjadi pengusaha yang tangguh itu kan tidak instan harus melalui tahapan dan proses yang keras,” kata .

Dedie melihat, ada sesuatu yang menarik dari program HIPMI Goes To School ini. Menurutnya para siswa tidak perlu menjalani proses sendiri, tetapi melalui proses bimbingan oleh anggota HIPMI yang berpengalaman di bidangnya.

“Ini diharapkan bisa mengispirasi siswa bukan hanya untuk menjadi pekerja tapi untuk menjadi pengusaha, karena pekerja sudah banyak, kita mencari pengusaha-pengusaha tangguh, pengusaha yang mampu menjawab tantangan global dan juga meningkatkan perekonomian bangsa,” terangnya.

Kemudian Dirut Tirta Pakuan, Rino Indira mengatakan, ikut mendukung kegiatan HIPMI Academy dalam mencetak pengusaha-pengusaha muda sedari bangku sekolah.

“Sangat tertarik dan mendukung salah satu proyek siswa yang menciptakan game pada platform android,” ucapnya.

Ke depan Tirta Pakuan akan terus mendukung kegiatan-kegiatan positif dalam pengembangan minat siswa terhadap dunia usaha.

Sementara itu, Ketua , Marwan Suherwan mengatakan, program HIPMI Goes To School ini bertujuan memberikan pelatihan kewirausahaan kepada siswa kelas 12.

Selain itu, program ini juga memberikan motivasi dan semangat siswa untuk menjadi pengusaha atau entrepreneur.

“Harapan kami lulusan SMK itu tujuannya bukan menjadi pekerja, tapi bagaimana mereka mempunyai semangat untuk menjadi pengusaha. Mereka bukan saja diberikan pelatihan, tapi bagaimana mereka juga bisa menjalankan ide bisnis dengan diberikan investasi dari kami,” ucap Marwan.

Dalam program ini memberikan investasi kepada 10 kelompok terbaik untuk dapat mengembangkan usahanya.

“Investasi yang diberikan memang berbeda, tapi yang harus diperkuat adalah mental mereka, sehingga mereka berani menjalankan usaha dan berani menerima dana investasi dari kita,” katanya.

Kemudian Ia menjelaskan, pihaknya tetap akan memberikan pendampingan dan melakukan kontrol sampai para siswa tersebut benar-benar menjalankan usahanya.

“Pelatihan kewirausahaan itu banyak, tapi yang melahirkan pengusaha baru . Kedepan akan banyak lagi SMK yang bekerjasama dengan HIPMI dan kita akan kembali jalankan program HIPMI Goes To School ini di Kota Bogor,” jelasnya

Dirinya menegaskan, 10 kelompok yang mendapatkan investasi dari HIPMI harus bisa menjalankan usahanya sesuai dengan dana yang diberikan.

Dengan demikian, lanjut Marwan, pihaknya mengajarkan para siswa untuk bisa bertanggung jawab mengelola dana investasi, karena ini merupakan pengalam baru bagi mereka.

Sehingga bagaimana bisa menjaga amanah dari investor dan bisnisnya bisa berjalan dan bisa membuka lapangan pekerjaan.

“Harapan kami setelah berjalan, mereka bisa meng-hire semua lulusan SMK. Karena tujuan kita melahirkan pengusaha dan mengurangi angka pengangguran,” ujarnya.

Ia berharap, program HIPMI Goes To School akan terus maju dan dapat mencetak pengusaha-pengusaha baru di Kota Bogor.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMK Wikrama, Iin Mulyani menuturkan melalui program HIPMI Goes To School ini, pihaknya ingin melahirkan lulusan yang memiliki mindset berwirausaha dan memiliki pengalaman berwirausaha.

“Kami bekerjasama dengan sebagai pendamping dan memonitoring program kewirausahaan, karena kami yakin HIPMI adalah himpunan pengusaha yang memiliki pengalaman, sehingga bisa di tularkan kepada murid kami khusunya kepada yang wisuda hari ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, bagi kelompok yang mendapat investasi akan terus dipantau oleh pihak sekolah dan selanjutnya akan dilihat perkembangannya bersama HIPMI.

“Kami harapkan dari mereka muncul usaha-usaha baru yang bisa mewarnai perekonomian Kota Bogor dan bisa mengajak adik kelas untuk bisa mencontoh mereka yang berhasil menggandeng investor untuk mengembangkan usaha mereka,” tandasnya**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here