Monday, 6 May 2024
HomeBeritaFakta atau Mitos, Baking Soda Bisa Memutihkan Gigi?

Fakta atau Mitos, Baking Soda Bisa Memutihkan Gigi?

Bogordaily.net – Baking soda diyakini bisa memutihkan secara alami benarkah. Fakta atau mitos? Maklum saja putih merupakan dambaan kebanyakan orang untuk tampil lebih percaya diri.

Memang ada banyak klaim tentang cara memutihkan secara alami, meski seringkali buktinya kurang. Bahkan, beberapa metode dapat menyebabkan kerusakan.

“Temui dokter dan jangan mengatasinya sendiri,” kata Direktur dan Dokter di Serene Dental and Facial Aesthetics, Safa Al-Naher, dilansir Live Science.

Sebab, menurutnya, dokter dapat menyarankan berbagai pilihan untuk meningkatkan penampilan.

Selain itu, sebenarnya warna alami tidak seputih mutiara. Melainkan berwarna agak kekuningan.

terdiri dari tiga lapisan, yakni email, dentin, dan pulpa. Lapisan tengah, dentin, berwarna kuning. Bila email tipis, maka dapat mengekspos dentin di bawahnya.

Baking soda dapat membuat putih

Ini adalah klaim populer, bahwa baking sida dapat memutihkan secara alami.

Satu studi tahun 1998 di Journal of Clinical Dentistry menunjukkan bahwa pasta yang mengandung soda kue membuat gigi lebih putih dibandingkan dengan pasta gigi tanpa soda kue.

Namun, itu adalah penelitian lama dan tidak ada bukti tentang efektivitas untuk perawatan yang dilakukan sendiri.

Beberapa ahli khawatir soda kue memiliki sifat abrasif, terutama jika digunakan secara berlebihan. Ini bisa merusak gigi dan berisiko kontra produktif karena bisa mengekspos dentin di bawah lapisan email.

Al-Naher menyarankan untuk menggunakan pasta gigi dengan konsistensi sedikit kasar seperti scrub.

“Jangan gunakan scrub rumahan. Gunakan pasta gigi yang dirancang khusus untuk tujuan itu (memutihkan gigi),” tandas Al-Naher.

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here