Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorFakta-Fakta Penyitaan Aset Oleh Satgas BLBI di Bogor

Fakta-Fakta Penyitaan Aset Oleh Satgas BLBI di Bogor

Bogordaily.net – Satgas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas) bergerak ke Bogor, Rabu 22 Juni 2022. Sejumlah aset disita negara. Totalnya mencapai triliunan. Satu lapangan golf dan dua hotel bernama Novotel dan Ibis Style.

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, lahan dan bangunan yang disita milik obligor PT Bank Asia Pasific atas nama Setiawan Harjono dan Hendrawan Harjono.

“Hari ini kita menyita lagi, aset Bogor Raya terkait obligor Bank Asia Pasific, atas nama Setiawan Haryono-Hendrawan Haryono dan pihak-pihak lain yang terafiliasi berupa tanah dan bangunan,” katanya kepada wartawan.

Mahfud memperkirakan, jumlah aset yang disita jika dirupiahkan aset tersebut nilainya mencapai Rp2 triliun. Ia juga berharap langkah-langkah berikutnya yang akan di ambil oleh Satgas dapat selesai di tahun 2023.

Sementara penyitaan aset di area Bogor Raya Golf penambahan perolehan Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana menjadi 22 juta meter persegi lahan yang jika dirupiahkan secara keseluruhan senilai Rp22,6 triliun.

“Saya berharap sesudah ini melanjutkan langkah-langkah berikutnya, sehingga kita sampai tahun 2023 selesai. Bagi yang sekarang sudah dipanggil supaya menyiapkan diri dengan seluruh data yang tersedia, sehingga nanti kita melakukan eksekusi,” harapnya.

Mahfud percaya setelah proses penyitaan ini akan ada pihak-pihak yang merasa keberatan dan membuat gugatan, namun Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana menyatakan siap beradu argumen di jalur hukum apabila ada pihak yang menjatuhkan gugatan.

“Pokoknya kita sudah 24 tahun membiarkan hutang dan selalu berhutang. Sekarang tidak mau berdebat, sita, kalau tidak puas ada jalur hukum. Ini berlarut-larut karena kita melayani berdebat, lalu kita mulai kehilangan banyak aset. Nanti debatnya debat hukum aja di forum yang tepat,” tegasnya.

Acara penyitaan tersebut juga dihadiri Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Ketua Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Rionald Silaban yang juga Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, serta beberapa pejabat lainnya yang berada didaerah Kabupaten Bogor. ***

Sumber : suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here