Friday, 19 April 2024
HomeKulinerHarga Cabai Naik? Begini Cara Menyimpan Cabai Dikulkas Agar Tahan Lama

Harga Cabai Naik? Begini Cara Menyimpan Cabai Dikulkas Agar Tahan Lama

Bogordaily.net – Harga pangan termasuk sedang mengalami kenaikan. Olehkarena itu, agar tidak cepat busuk perlu diketahui cara menyimpan dikulkas agar tahan lama.

Namun, meski sudah disimpan di kulkas sekalipun, tak jarang hanya bertahan selama beberapa hari saja, lalu membusuk. Padahal, bila disimpan dengan benar, bahan makanan pedas ini bisa tetap segar hingga beberapa minggu, bahkan berbulan-bulan lamanya, lho.

Berikut cara menyimpan dikulkas agar tetap

1. Cabut Tangkai

Cara menyimpan agar tidak cepat busuk bisa kamu perhatikan dari awal membelinya. Kesegaran tentunya akan terjaga lebih lama bila dari awal tidak ada cacat atau bonyok.

Setelah memastikan bahwa yang kamu beli merupakan yang berkualitas dan masih mulus, kamu tinggal memisahkan cabai dari tangkainya. Hal ini penting dilakukan agar cabai tahan lama saat disimpan.

2. Simpan dalam wadah tertutup

Cara menyimpan cabai agar tidak cepat busuk berikutnya adalah dengan menyiapkan wadah tertutup. Sebelum memasukkan cabai ke dalam wadah tersebut, kamu perlu memberi alas tisu di bagian bawah dan sekeliling wadah bagian dalam.

Hal ini tentunya sangat berguna agar cabai lebih tahan lama. Dalam hal ini, kamu juga perlu memeriksanya. Kalau tisu sudah terasa agak basah, kamu bisa mengganti dengan tisu baru yang masih kering.

Setelah itu, kamu tinggal memasukkan semua cabai yang ingin disimpan dalam wadah. Tata cabai yang ingin disimpan ke dalam wadah, pastikan tidak terlalu penuh agar cabe tidak bonyok dan rusak.

3. Bekukan cabai

Membekukan cabai dalam freezer juga mampu membuat bumbu masak ini bertahan hingga dua bulan, lho. Caranya, cukup letakkan cabai di atas piring, lalu balut piring dan dengan aluminium foil hingga menutupi seluruh permukaannya.

Selanjutnya, simpan dalam freezer selama 6-7 jam atau hingga membeku. Setelah membeku, pindahkan cabai ke dalam wadah kedap udara dan simpan dalam kulkas (bukan freezer).

4. Pisahkan cabai yang sudah busuk

Meski sudah disimpan dengan berbagai cara, namun tak menutup kemungkinan bila masih ada beberapa cabai yang membusuk.

Bila hal ini terjadi, segeralah buang dan pisahkan cabai yang masih segar agar tak terkontaminasi dan ikut membusuk.

5. Cabai tidak perlu dicuci

Perlu diingat, cabai yang baru dibeli dari pasar atau supermarket tidak perlu dicuci. Cara menyimpan cabai agar tidak cepat busuk cukup dengan mengelap cabai saja hingga bersih.

Kamu bisa menggunakan tisu kering untuk mengelap cabai sebelum disimpan. Nantinya, jika kamu ingin menggunakannya, barulah kamu perlu menyucinya dengan air bersih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here