Friday, 19 April 2024
HomeBeritaHasil MotoGP Jerman 2022: Fabio Quartararo Raja Baru di Lintasan Sachsenring

Hasil MotoGP Jerman 2022: Fabio Quartararo Raja Baru di Lintasan Sachsenring

Bogordaily.net – Hasil : 2022, akhirnya mampu menjadi juara seri 2022 usai melahap 30 putaran di Sirkuit Sachsenring, pada Minggu, 19 Juni 2022.

Start bagus dilakukan El Diablo yang mengawali balapan dari grid kedua. Mengambil alih posisi pertama dari pole-sitter Bagnaia, sang juara dunia bertahan segera berusaha menciptakan jarak keunggulan.

Namun, upaya Quartararo tak berjalan mudah. Bagnaia melancarkan serangan ketika memasuki Lap 2. Walau begitu, Quartararo mampu meredam perlawanan dari andalan utama pabrikan Ducati itu di Tikungan 1.

Satu lap berikutnya, Bagnaia masih membayangi ketat Quartararo. Sementara di belakang kedua pembalap, Johann Zarco menduduki urutan ketiga usai menaklukkan pilot Aprilia Racing, Aleix Espargaro, lewat manuver berani nan agresif.

Lap 4, nasib sial menghampiri Bagnaia. Sedang mengejar Quartararo, pemuda yang akrab disapa Pecco itu malah tersungkur di tikungan pertama. Untuk kali keempat pada tahun ini, dia kembali mencatatkan Did Not Finish (DNF).

Dengan tersingkirnya Bagnaia, praktis makin memuluskan laju Quartararo. Zarco sebenarnya sempat jadi rival terdekatnya, tetapi pembalap Pramac Racing ini tidak mampu menjaga kecepatan konstan seperti kompatriotnya itu.

Lap demi lap, Quartararo terus memperbesar keunggulannya. Wajar saja, mengingat dia sama sekali tak mendapat perlawanan berarti. Zarco sendiri akhirnya memilih untuk amankan finis kedua. Sedangkan pertarungan sengit justru terjadi dalam perebutan podium ketiga.

Mulai dari 12 lap tersisa, Espargaro berduel melawan Miller. Meski sempat dihukum long lap penalty, Miller rupanya mampu memperbaiki posisinya. Pembalap Ducati itu pun lalu memburu Espargaro untuk tiga besar teratas.

Tiga lap terakhir, Miller memanfaatkan kesalahan Espargaro yang melebar di Tikungan 1. Naik ke urutan ketiga, Thriller Miller tidak menyia-nyiakan kesempatan naik podium dengan langsung menjauh dari kejaran Espargaro.

Adapun, kemenangan yang dicetak Quartararo menegaskan statusnya sebagai raja baru Sachsenring. Sejak 2013, takhta dikuasai oleh Marc Marquez. Namun minggu ini, The Baby Alien terpaksa absen karena pemulihan pasca-operasi.

Kesialan bukan hanya dirasakan Bagnaia. Maverick Vinales dipaksa gigit jari ketika perangkat rear ride-height pada RS-GP miliknya bermasalah. Peluang podium yang ada di hadapannya pun sirna begitu saja pada Lap 20.

Tiga nama lainnya yang juga gagal finis, di antaranya adalah tiga penunggang kuda besi Honda, yakni Pol Espargaro, Takaaki Nakagami serta Alex Marquez, menjadikan Stefan Bradl yang berhasil finis paling buncit. Kemudian, rookie Darryn Binder dan Joan Mir turut catatkan DNF.

Berikut Hasil Race 2022:

1 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

2 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22)

3 Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22)

4 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP)

5 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

6 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22)

7 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

8 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)*

9 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)

10 Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21)

11 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP21)*

12 Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)*

13 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

14 Andrea Dovizioso ITA WithU RNF Yamaha (YZR-M1)

15 Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)*

16 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)

17. Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)

18. Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP)

19. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

20. Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here