Wednesday, 22 May 2024
HomeBeritaHati-Hati! Kebiasaan Tidur dengan TV Menyala Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Kronis

Hati-Hati! Kebiasaan Tidur dengan TV Menyala Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Kronis

Bogordaily.net– Kebiasaan dengan TV menyala ternyata tidak baik untuk . Ilmuwan dari Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern meneliti dampak cahaya di lingkungan sekitar terhadap serta kebiasaan 552 orang berusia 63 hingga 84 tahun.

Dilansir Suara.com, studi menemukan peserta studi yang dengan ambient lighting menyala sekecil apa pun lebih berisiko mengidap diabetes, obesitas, dan hipertensi, lapor New York Post.

Data menunjukkan 17,8 persen peserta penelitian yang dengan adanya paparan cahaya menderita diabetes dibanding 9,8 persen mereka yang dalam gelap gulita.

Tak hanya itu, 40,7 persen peserta yang dengan ambient lighting mengalami obesitas, sementara yang dalam gelap hanya 26,7 persen.

Ambient lighting merupakan pencahayaan umum yang dapat menerangi keseluruhan ruangan.

Menurut penelitian, resistensi insulin lebih mungkin terjadi di pagi hari setelah orang di ruangan dengan pencahayaan redup, seperti yang dipancarkan oleh TV.

Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel di otot, lemak dan hati tidak merespons insulin dengan baik. Umumnya kondisi ini dikaitkan dengan diabetes tipe 2, hipertensi dan penyakit kardiovaskular atau jantung.

Peserta studi yang terpapar ambient lighting juga lebih mungkin terjaga dan tidur dini hari.

“Kami tahu bahwa orang yang tidur larut malam cenderung berisiko lebih tinggi terkena gangguan kardiovaskular dan metabolisme,” kata peneliti utama studi, Phyllis Zee.

Namun ini tidak hanya berlaku untuk cahaya dari TV saja, tetapi juga dari smarthphone atau gadget lain yang tetap menyala selama seseorang tidur.

“Orang-orang harus menghindari atau meminimalkan jumlah cahaya yang mereka terima saat tidur,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here