Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaHore... Arab Saudi Cabut Larangan Warga Pergi ke Indonesia

Hore… Arab Saudi Cabut Larangan Warga Pergi ke Indonesia

Bogordaily.net– Keputusan yang melarangan warganya bepergian ke sejumlah negara termasuk Indonesia akhirnya dicabut, Selasa 7 Juni 2022. Kementerian Luar Negeri Indonesia pun buka suara menanggapi kebijakan tersebut.

“Indonesia menyambut baik keputusan otoritas Saudi untuk mencabut kebijakan larangan bepergian (travel ban) warganya ke Indonesia,” tulis Kemlu di Twitter dilansir CNN Indonesia, Selasa, 7 Juni 2022.

Sebelumnya, Pemerintah melarang warga negaranya bepergian ke Indonesia dan 15 negara lain pada pertengahan Mei lalu. Pelarangan perjalanan itu berkaitan dengan kasus Covid-19 di negara-negara tersebut.

Laporan Saudi Gazette, selain Indonesia, mereka juga melarang warga berkunjung ke Lebanon, Suriah, Turki, Iran, Afghanistan, India, dan Yaman.

Kemudian negara selanjutnya, Somalia, Ethiopia, Republik Demokratik Kongo, Libya, Vietnam, Armenia, Belarus dan Venezuela.

Saat itu, Kemlu RI segera menyampaikan keberatannya ke pemerintah Saudi. Mereka meminta agar Kerajaan meninjau kembali kebijakan tersebut.

“Kondisi di Indonesia sudah jauh lebih baik, bahkan jika dibandingkan dengan beberapa negara Barat sekalipun,” kata Faizasyah beberapa waktu lalu.

Sebelumnya diberitakan Pemerintah melarang warganya bepergian ke sejumlah negara. Salah satunya Indonesia. Terkait larangan tersebut, Kementerian Luar Negeri RI pun bereaksi.

Juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, mengatakan Indonesia telah meminta pemerintahan Raja Salman untuk meninjau kembali aturan tersebut menyusul kondisi Covid-19 di RI yang terus membaik.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here