Friday, 29 March 2024
HomeBeritaIngat! Ini 3 Larangan Jamaah Haji saat Menyeberang di Jalan Mahbas Jin

Ingat! Ini 3 Larangan Jamaah Haji saat Menyeberang di Jalan Mahbas Jin

Bogordaily.net– Jamaah harus mematuhi ketertiban selama berada di Arab Saudi. Salah satunya larangan jamaah saat menyeberang di Mahbas Jin, Makkah, Arab Saudi.  Perlu diketahui, jamaah 2022 harus menyeberangi jalan raya di Mahbas Jin. Sebab terowongan penyeberangan bagi pejalan kaki masih belum selesai dibangun.

Petugas Transportasi Daker Makkah PPIH Arab Saudi Mashuri Masyhuda menjelaskan beberapa larangan jemaah saat menyeberang di jalanan Makkah. Dilansir Suara.com, berikut larangan tersebut.

Larangan memakai HP saat menyeberang

Mashuri menjelaskan, larangan pertama bagi jamaah 2022 Indonesia diharap tidak membuka ponsel apalagi membalas pesan Whatsapp saat menyeberang di Mahbas Jin.

“Membuka HP, balas atau baca WA, menerima panggilan telepon, mengambil video atau foto sambil menyeberang,“ kata Mashuri lewat pesan berantai yang dikirimkan di Makkah, Arab Saudi.

Jangan berlari

Jamaah dimohon tidak berlari saat menyeberang jalan. Fokus pandangan ke arah datangnya kendaraan, melihat kiri atau kanan jalan terlebih dahulu sebelum menyeberang.

Dilarang berbicara dengan jamaah lain saat menyeberang

Jemaah juga diminta untuk tidak makan dan minum sambil berjalan apalagi ketika menyeberang. Mashuri menjelaskan, ada pos pantau petugas di Mahbas Jin yang siap membantu jemaah untuk menyeberang.

Sementara itu prosedur penyeberangan jamaah yang akan dilakukan, yakni petugas mengumpulkan jamaah sebelum menyeberang sambil mengamati situasi kendaraan di jalan.

Kemudian, petugas akan menghentikan kendaraan sebelum memberi instruksi menyeberang dengan aman. Setelah aman, petugas akan mempersilakan jemaah menyeberang jalan.

Jalur di sekitar Masjidil Haram untuk Rute Mahbas Jin-Bab Ali ditumpangi oleh penumpang internasional. Armada Bus Shalawat yang melalui jalur tersebut juga bisa dinaiki penumpang berbagai negara.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here