Sunday, 12 May 2024
HomeTravellingIngat! Rusa di Istana Bogor Tidak Boleh Diberi Makanan oleh Pengunjung

Ingat! Rusa di Istana Bogor Tidak Boleh Diberi Makanan oleh Pengunjung

Bogordaily.net– Rusa atau yang biasa warga Bogor sebut hewan uncal yang ada di area untuk sementara tidak boleh diberi makan oleh pengunjung. Hal itu, mengingat wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sudah masuk ke .

Imbauan tidak boleh memberi makanan terhadap rusa di ini disampaikan langsung Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) , Anas Rasmana kepada wartawan, Jumat, 10 Juni 2022.

“Baru-baru ini kita melakukan pertemuan dengan bagian protokol Istana, kita sudah sepakati untuk mengecek secara klinis, kalau diizinkan oleh pihak Istana kita akan cek kesehatannya,” kata Anas kepada wartawan.

Kelapa Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) , Anas S. Rasmana.(Heri/Bogordaily.net)

Ia menuturkan, sebetulnya rusa itu berbeda dengan kambing, sebab ini bukanlah hewan ternak yang secara spesifik bisa dipegang atau dielus-elus. Untuk itu, pihaknya mengimbau ke pengelola untuk tidak memberikan kesempatan ke warga atau pengunjung untuk memberikan makan terlebih dahulu.

“Kalau bisa dipasang tulisan (larangannya) gitu. Karena, kalau airborne kan susah diduganya, makanya langkah kongkretnya itu yang bisa kita lakukan sementara,” terangnya.

Ada beberapa hal lain, kata Anas yang harus diantisipasi pihak untuk mencegah PMK memapar Rusa yang ada di sana. Di antaranya, hewan kurban tidak diizinkan masuk ke . Kemudian, pegawai yang bekerja di tidak boleh sembarang mengunjungi kandang sapi.

“Kalau pun harus mengunjungi kandang sapi, intinya harus steril dengan menggunakan APD dan saat masuk ke harus bersih,” tandasnya.(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here