Monday, 6 May 2024
HomeBeritaIni Arti Baswara Kastara Loka, Tema Hari Jadi Bogor Ke 540

Ini Arti Baswara Kastara Loka, Tema Hari Jadi Bogor Ke 540

Bogordaily.net – Ini Arti Baswara Kastara Loka, Tema Hari Jadi Bogor Ke 540. Ya, Hari Jadi Bogor (HJB) ke 540 tahun mengusung tema Baswara Kastara Loka, ternyata merupakan arti dari kota termasyur dengan keindahan dan gemerlap alamnya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor Bayu Ramawanto menjelaskan bahwa, Arti Baswara Kastara Loka yang menjadi tema tersebut sesuai dengan letak geografis yang kaya dan indah akan alamnya.

“Rangkaian kegiatan HJB pertama, upacara Peringatan di Lapangan Tegar Beriman, kemudian dilanjutkan dengan Rapat Paripurna bersama DPRD yang menggunakan berbahasa Sunda,” kata Kepala Diskominfo Bayu Ramawanto pada Jumat 3 Juni 2022.

Sejarah peringatan tahun 2022 tersebut, kata Bayu, bermula dari dilantiknya Sri Baduga Maharaja sebagai Raja Pajajaran pada 3 Juni 1482 atau dikenal dengan Upacara Kuwedabhakti.

“Sejak saat itulah 3 Juni ditetapkan menjadi Hari Jadi Bogor yang secara resmi ditetapkan melalui sidang Pleno DPRD Kabupaten Daerah Tingkat II Bogor pada 26 Mei 1972,” tambahnya.

Selain itu, Bayu juga berharap pada HJB ke 540 tahun ini, nama Bupati Bogor pertama Ipik Gandamana bisa dijadikan nama salah satu jalan yang berada di .

“Dalam rangka mengenang jasa para pahlawan pendahulu kita, Bupati pertama bisa dijadikan sebagai nama jalan yang ada di ,” tutup Bayu.

Rapat paripurna yang berlangsung di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada peringatan HJB ke 540, dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum pada Jumat 3 Juni 2022.

Muhammad Irfan Ramadan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here