Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorIni Daftar Beberapa Pasar yang Sudah Terdistribusi Tahu Formalin

Ini Daftar Beberapa Pasar yang Sudah Terdistribusi Tahu Formalin

Bogordaily.net– Peredaran tahu dari pabrik yang menggunakan sudah menyebar ke beberapa yang ada di Kabupaten Bogor, yang ada di Tangerang, Banten hingga Jakarta.

yang sudah terdistribusi tahu tersebut yakni, Ciputat, Tangerang, Parung, Citayam, hingga Jembatan Dua Jakarta.

“Saya kira harus bisa memastikan sumbernya darimana saat membeli tahu, kemudian kalau sampe lebih dari 5 hari, kalau bentuknya masi bagus, tentunya harus curiga. Biasanya tahu itu cepet kalau tanpa pengawet,” kata Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, Penny Kusumastuti Lukito kepada awak media Jumat 10 Juni 2022.

Penny menambahkan, dengan mencampurkan kepada bahan pembuat tahu, merupakan aspek tindak kejahatn, yang mana sudah ada sanksinya.

Untuk itu ia menghimbau kepada masyarakat agar teliti saat berbelanja ke pasar, khususnya saat membeli kebutuhan untuk pangan seperti tahu. Membedakan tahu yang berformalin bisa dilihat dari ketahanan dan masi mengkilap meski sudah beberapa hari.

“Tentunya memberikan sanski kepada para tersangka, hingga terasakan efek jeranya. Kalau berdasarkan pasal-pasal undang-undang pangan, sanksinya bisa 5 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar,” tambahnya.

Tahu berformalin jika dikonsumsi, kata Penny, dalam jangka pendek bisa menyebabkan iritasi, dan jangka panjangnya bisa kerusakan ginjal.

“Karena mengandung bahan kimia, sangat bahaya masuk ke jaringan organ tubuh. Ini tentu merupakan tindak kejahatan,” tutup Penny.

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here