Friday, 19 April 2024
HomeBeritaJadwal dan Waktu Melempar Jumrah, Jemaah Haji Dibagi Dalam Dua Kelompok

Jadwal dan Waktu Melempar Jumrah, Jemaah Haji Dibagi Dalam Dua Kelompok

Bogordaily.net – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) melakukan pertemuan dengan Pemerintah Arab Saudi untuk membahas persiapan menjelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Salah satu yang menjadi pembahasan yakni soal jadwal dan waktu .

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Arsad Hidayat mengatakan, Kementerian Haji Saudi sangat concern dengan ibadah . Sebab pada tahun-tahun sebelumnya sejumlah hambatan kerap muncul saat pelaksanaan melontar jumrah. Sehingga waktu melempar jumrah perlu diatur. Sebanyak 100.051 orang haji dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama akan memulai lempar jumrah pada pukul 00.00-06.00 waktu setempat. Arsad mengatakan jadwal melempar jumrah untuk Indonesia dibagi menjadi dua.

Dikutip dari merdeka.com “Kita mungkin akan diberikan waktu melontar sejak dari pertengahan malam sampai pukul 07.00 pagi, untuk 50 persen dari kita,” kata Arsad di Makkah.

“Sisanya nanti akan diberikan pada saat pukul 16.00 WAS atau 17.00 WAS, sampai pukul 21.00 WAS.”

Dua waktu itu dipilih dengan mempertimbangkan cuaca yang tidak terlalu terik yakni pada pagi dan sore hari. Apalagi, tidak sedikit Indonesia dalam keadaan kurang fit.

“Kita pilih karena waktu yang relatif aman. Cuaca cukup bersahabat kalau malam kan adem, sore sampai malam pun adem,” katanya.

Seperti diketahui, cuaca di Arab Saudi sedang panas terik. Bila siang hari, suhu bisa mencapai 40-45 derajat celcius. Bahkan diperkirakan, saat puncak haji suhu bisa mencapai 50 derajat celcius.

“Kita tahu betul bahwa kondisi fisik kita, tidak sedikit yang kondisinya tidak fit, maka dipilih waktu yang nyaman,” katanya.

Arsad menambahkan, untuk ibadah melempar jumrah pada hari berikutnya dijadwalkan pada pukul 11.30 malam atau pada pertengahan malam. Selanjutnya, pada Hari Tasyrik bagi yang mengambil nafar awal tentu sudah harus keluar dari Mina menuju Makkah sebelum salat Magrib. Sementara, bagi mereka mengambil nafar Tsani, akan menginap satu malam lagi dan digenapkan menjadi tanggal 13 Dzulhijjah.

Sebagai informasi, haji akan melakukan prosesi lempar jumrah di Mina setelah melaksanakan ibadah di Arafah dalam rangkaian ibadah haji. Lempar jumrah merupakan sebuah prosesi di mana para haji melemparkan batu kecil ke tiga buah tiang yang berada dalam satu tempat bernama kompleks Jembatan Jumrah, kota Mina.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here